Finance

Ini Alasan Kenapa Kamu Wajib “Sadar Keuangan” Pas Masuk Usia 20-an

ZETIZENS.ID — Guys! Topik ini sudah lama ingin saya tulis spesial untuk kalian adik-adik saya–yang barangkali hari ini kalian mulai menyadari bahwa ada yang tiba-tiba berbeda di kehidupan kalian.

Hari di mana kalian mulai malu minta duit ke orangtua. Atau kalian yang tahun ini sudah lulus kuliah dan mulai menerima penghasilan dari pekerjaan pertama kalian. Saya ucapkan selamat datang di kehidupan yang sebenarnya.

Well, topik serius ini mungkin nggak terlalu seru di awal, tapi beneran, penting banget buat ngejaga financial game-mu pas lagi di usia 20-an. Jadi, saya sarankan tetap bertahan membaca sampai paragraf terakhir, ya!

Di usiamu sekarang, kamu pasti udah sering denger banyak tentang ‘kesadaran keuangan’ atau financial awareness. Mungkin konten seputar itu sering nongol di YFP TikTok-mu atau di beranda Instagram-mu. Barangkali kamu langsung skip dan abai, tapi percayalah betapa gedenya peran kesadaran keuangan pas kita masuk usia 20-an. Ini bukan tulisan tentang bagaimana tips menjadi ‘pakar keuangan’, tapi soal punya kontrol dan ngasih perhatian lebih ke duit yang berhasil kamu hasilin.

Setidaknya, ada dua alasan mengapa mulai hari ini kamu harus mulai realize bahwa kamu bukan lagi anak-anak yang tiap pagi nadahin tangan ke orangtuamu sebelum berangkat sekolah. Ya, walaupun di antara kalian mungkin ada yang sedang berjuang menyelesaikan kuliah, setidaknya kamu bisa membuat persiapan untuk memulai kehidupanmu secara mandiri begitu diwisuda nanti.

Kamu akan memulai hidupmu sendiri

Alasan pertama adalah soal independence! Usia 20-an, biasanya kamu sudah mulai lepas dari comfort zone rumah orangtua dan mulai berdikari. Nah, ini saat yang pas buat belajar gimana caranya nabung, cara atur duit buat keperluan sehari-hari, sampai mikirin masa depan.

Kalau selama ini dengan rebahan aja di kasur, kamu tetap bisa makan dan hidup layak dengan alasan bahwa orangtuamu masih meng-cover semua kebutuhanmu. Mulai hari ini, saya serius menyarankan untuk bersedia dengan ikhlas mengurangi ‘kenyamanan’ itu. Pelajarilah bagaimana cara uang bekerja, bagaimana cara menghasilkan uang, sampai teknik mengatur uang yang kamu peroleh.

Ada banyak sumber informasi yang bisa kamu gali. Saya pikir, hari ini di mana akses berlimpah yang dihadirkan teknologi dan ada banyak orang-orang baik yang membagikan ilmunya secara cuma-cuma–seharusnya kamu tidak mengalami kesulitan seperti pada zaman saya seusia kalian.

Kamu akan memasuki step pertama menuju hidup impianmu di masa depan

Kedua, future planning! Mungkin masih jauh, tapi masa depan nggak akan nungguin kamu lulus kuliah buat mulai dipikirin. Dari yang remeh kayak nyicil DP rumah buat masa depan, sampai nabung buat traveling atau buka bisnis, semuanya butuh finansial plan yang solid dari sekarang.

“Kok repot banget, Mas? Saya orangnya simple, biarin aja hidup ngalir gitu aja.” Saya banyak banget dapet tanggapan pesimistis begitu dari teman-teman seusia kalian. Jujur, dulu saya juga begitu. Dan kalian tahu? Hari ini saya menyesal karena terlambat untuk menerima saran penting ini.

Saya baru memulai financial journey yang ternyata begitu asyik di usia 30. Sangat terlambat. Investasi pertama saya di pasar modal dimulai di usia 32 dan itu adalah salah satu penyesalan terdalam di hidup saya.

Dulu saya juga sama seperti kalian yang berpikir bahwa pelajaran investasi adalah ilmu yang membosankan dan itu privilege-nya orang-orang kaya. “Orang dengan gaji UMR kayak saya ini bisa hidup aja sampai akhir bulan udah alhamdulillah banget!” Yaps! Itu adalah pola pikir yang bertahun-tahun terpatri di kepala saya.

Percayalah, masa depanmu dibentuk dari serpihan ikhtiar kecil yang kamu kumpulkan mulai dari hari ini. Setiawan Chogah

Tidak ada alasan untuk gak punya finacial goals sekalipun uang yang bisa kamu hasilkan hanya Rp1 juta setiap bulan. Masa sih kamu gak ada impian untuk nginjakin kakimu di Kota Suci suatu hari nanti atau traveling keluar negeri? Saya percaya kamu juga pengen ngerasain selfie pakai iPhone atau memulai hidup dengan orang pilihan hatimu di rumah kalian sendiri? Ya, gak semua orang punya kesempatan beruntung untuk dapetin itu semua hanya dari hadiah voucher atau menang kuis undian Telkomsel.

Untuk berada di titik kesadaran finansial itu bukan berarti kamu harus jadi money expert, tapi cukup mulai dengan paham duit, itu sudah akan sangat membantumu. Mungkin sekarang keliatannya tricky banget, tapi nggak ada salahnya buat nyoba nge-track pengeluaran, bikin budget, dan pahami prioritas keuangan.

Belajar soal keuangan itu nggak harus jadi bosenin atau ribet. Ada banyak apps yang bisa bantu atur keuanganmu dengan cara yang lebih interactive dan seru, jadi kayak main game tapi beneran berguna buat kehidupan sehari-hari.

Pokoknya, guys, nggak ada kata terlambat buat mulai sadar soal keuangan, apalagi di usia 20-an. Ini investasi buat masa depan yang nggak kalah pentingnya kayak belajar di bangku sekolah. Jadi, yuk mulai bikin perencanaan keuangan biar masa depan kita lebih terjamin! (Chogah)

Setiawan Chogah

Hidup mandiri dan bekerja di mana saja. Setiawan kerap menulis seputar topik pengembangan diri, keuangan, & investasi di Instagram pribadinya.

Tulisan Terkait

Back to top button