Gen Z

Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri PERMIRA 2024

Mahasiswa Sebagai Diplomat Muda dalam Membangun Hubungan Antarbangsa

ZETIZENS.ID – Permira (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Rusia) dan Permira Perwakilan Kazan dengan bangga mempersembahkan acara tahunan “Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri Permira 2024” yang telah digelar pada Sabtu, 13 Juli 2024, di Kazan Federal University, Kazan, Rusia.

Acara ini merupakan program kerja dari
Departemen Minat dan Bakat Permira 2024, yang menjadi puncak dari serangkaian kegiatan LL bertujuan mempromosikan budaya Nusantara dan mencari talenta unggul dari pelajar-pelajar Indonesia yang tengah belajar di Rusia.

Dalam kompetisi bergengsi Putra-Putri Permira 2024 ini dengan harapan Putra-Putri Permira menjadi kolaborator antara
mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing yang berada di Rusia.

Acara ini juga menghadirkan berbagai pemateri terkemuka dengan kualitas yang sangat baik untuk membagikan ilmu dan pengalaman mereka kepada para peserta sebelum proses seleksi dimulai, antara lain: Berlian Helmy, Deputy Chief of Mission (DCM) Kedutaan Republik Indonesia di Russia, Moskow – Tema Diplomacy: “Future Diplomats: Mastering the Craft for Indonesian Students Overseas”, Billy Mambrasar, Staff Khusus Presiden RI 2019-2024 – Tema Public Speaking: “Speak Out, Stand Tall: Enhancing Your Public Speaking Skills Abroad by Harnessing the Power of Words”, Jovial da Lopez, Public
Figure – Tema Personal Branding: “Iconic You: Elevate Your Presence by Creating a
Personal Brand That Leaves a Mark”, dr. Vanessa Zahra, Puteri Indonesia DKI Jakarta 6.

Tema kegiatan ini adalah Self Development; “Crowning Your Potential: A Journey of Self Development”, dan Nanang S. Fadhillah, Plt. Atdikbud KBRI Moskow. Tema Pembekalan Finalis PPP 2024 adalah “Persiapan Menjadi Diplomat Muda”.

Puncak acara Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri Permira 2024 dihadiri
oleh sekitar 300 pengunjung yang terdiri dari peserta kegiatan Summer University (Kazan Federal University) dan mahasiswa/i dari mancanegara.

Acara dibuka secara meriah dengan sambutan oleh Alishev Timirkhan, Wakil Rektor Kazan Federal University (KFU) yang menyatakan bahwa, “Teman-teman dari Indonesia sangat banyak yang bertalenta. Saya menginginkan untuk bisa selalu ke Indonesia setiap tahunnya, karena Indonesia adalah negara yang hangat dan membawa aura positif”.

Begitu pula dalam sambutannya, Berlian
Helm Wakil Duta Besar RI untuk Rusia mengungkapkan rasa bangga dengan menyatakan bahwa, “Kolaborasi ini berhasil dan akan menjadi contoh, dan kita melakukan live streaming, sehingga menjadi contoh bentuk kolaborasi yang terus terjaga dengan baik antara kolaborasi kampus Kazan Federal University dengan PERMIRA itu akan menjadi contoh untuk PPI-PPI lainnya”.

Dalam rangkaian acara, Festival Nusantara 2024 menghadirkan penampilan- penampilan yang menawan dari mahasiswa/i Indonesia di Kazan (Permikaz) seperti pencak silat, tarian dari Ambon, pembacaan puisi, solo vokal, penampilan kolaborasi Finalis Putra-Putri Permira, band Garuda, tari indang dan sesi tanya jawab Finalis dengan para Juri.

Kegiatan kebudayaan ini berhasil memberikan kesan positif kepada pengunjung dan memperkenalkan bahwa Indonesia memiliki banyak keragaman serta kekayaan dariberbagai aspek kebudayaan.

Acara Festival Nusantara 2024, juga dihadiri oleh berbagai juri yang berkompeten untuk ikut andil secara langsung menyeleksi para finalis Putra Putri Permira dalam tahap
Grand Final.

Juri tersebut adalah Dr. Connie Rakahundini Bakrie – Akademisi, Berlian Helmy – WakilDuta Besar RI untuk Rusia, Nanang S. Fadhillah – Plt. Atdikbud Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Russia Moskow, Marsama TNI Jatmiko Adi – Atase Pertahanan RI untuk Rusia dan Alishev Timirkhan – Wakil Rektor Kazan Federal University (KFU).

Para peserta dinilai berdasarkan beberapa kriteria mulai darj berkas pendaftaran, motivation letter, essay, kehadiran pembekalan, keaktifan pembekalan, dan konten Instagram. Indikator penilaian dari juri juga mengikuti kriteria tersebut.

Salah satu bagian acara yang ditunggu-tunggu adalah hasil penilaian juri dalam pengumuman pemenang Putra dan Putri Permira 2024.

Setelah berdiskusi panjang, berdasarkan kriteria yang ada, para juri menetapkan Karimatiar Elang Kusuma Dwiansyah
dari Peoples’ Friendship University of Russia, Moskow sebagai Putra Permira 2024 dan Jiva Saccid Anandyta dari Peoples’ Friendship University of Russia, Moskow sebagai Putri Permira 2024.

Di urutan kedua, para juri menetapkan Ilham Maulana dari Peter The Great Saint
Petersburg Polytechnic University, Saint Petersburg dan Kiki Rizki Agustiani Putri dari Far Eastern Federal University, Vladivostok sebagai Runner Up.

Serta di posisi ketiga Hikmah Abrar dari Kazan State Power Engineering University, dan Dewi Sartika Taula’bi dari Peoples’ Friendship University of Russia, Moskow.

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Russia, Judha Facral Zulmi, menyatakan
kesuksesan kolaborasi ini tidak lepas dari semangat panitia Festival Nusantara, yang mana merupakan mahasiswa/i Indonesia di Rusia dalam menyebarkan budaya serta menjalin hubungan yang baik dengan berbagai negara terutama di Rusia.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Russia
yang memberikan bantuan terbesar di acara ini dan Bapak Nanang Fadillah sebagai supervisor yang mengarahkan acara kami sampai di titik ini. Juga pihak-pihak baik sponsor maupun media partner yang mendukung acara ini. Besar harapan kami, Putra-Putri Permira akan menginspirasi dan menjadikan ini sebagai batu loncatan agar mahasiswa/iIndonesia di Russia dapat menjadi diplomat muda serta representatif Indonesia dengan bakat dan karya yang mereka miliki,” kata dia.

Meranti Galuh Asmoroputri, sebagai Ketua Pelaksana mengaku bangga dengan semua kerja keras yang dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam persiapan dan
penyelenggaraan acara.

Melalui acara ini, diharapkan mahasiswa/i Indonesia yang ada di Rusia mampu mempererat hubungan antar sesama dan meningkatkan kemampuannya di kancah internasional.

Selain itu, Meranti juga yakin bahwa melalui kegiatan ini, mahasiswa/i Indonesia di Rusia memiliki potensi besar dalam mewujudkan terciptanya generasi emas Indonesia yang memberikan peranan penting dalam peningkatan hubungan bilateral antara
Rusia dan Indonesia.

Keberhasilan Festival Nusantara & Grand Final Putra-Putri Permira 2024 adalah
bukti nyata dari kolaborasi erat antara mahasiswa Indonesia di Rusia dan berbagai pihak pendukung antara lain: Ketua Minat dan Bakat (Riedho Dharmawan), Ketua Divisi Acara (Muhammad Febri Hidyatulah), Ketua Creative dan Productions (Muhammad Adzkari Ilyas), Ketua Divisi Sponsorship (Arief Al Hazmi Adlan), Ketua Divisi Kosumsi (Rechy Cellini), Ketua Keamanan Dan Protokoler (Iqballoh Azam Ramadhan) serta Ketua Permira Kazan (Charles Alfano Wiradhika Hutapea) dan Wakil Ketua Permira (Rifki Kusuma Wardana).

Acara ini tidak hanya mempererat hubungan antar mahasiswa Indonesia di Rusia, tetapi juga memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional.

Para pemenang Putra Putri Permira 2024 diharapkan dapat menjadi duta dan contoh konkret bagi generasi emas Indonesia untuk mempromosikan hubungan baik antara Indonesia dan Rusia.

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan berbagai pihak di antaranya:

1. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mosskow merangkap Republik Belarus.
2. Kazan Federal University.
3. Etnomir.
4. Friendship Society with Indonesia.
5. Dialogue of Culture.
6. Atase Pertahanan.
7. Shufu.
8. Paruski.
9. PPI Dunia.
10. Felari.
11. Zetizens.
12. Republika.
Selain itu pihak-pihak lainnya juga memainkan peran penting dalam suksesnya acara ini.

Dengan semangat dan kerja keras yang telah ditunjukkan, generasi muda Indonesia di Rusia khususnya pelajar Indonesia di Russia terbukti telah memiliki karakter yang kuat
dalam menjalin hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button