Viral

Salah Sebut Asam Folat jadi Sulfat, Gibran pun Viral

ZETIZENS.ID – Gibran Rakabuming Raka menjadi bahasan warganet usai mengadakan acara Diskusi Ekonomi Kreatif di Senopati, Jakarta Selatan pada Minggu 3 Desember 2023.

Pada kesempatan tersebut Gibran sang calon wakil presiden ini salah sebut asam folat jadi asam sulfat saat sedang melakukan penyuluhan.

Gibran menjelaskan tentang tujuannya untuk mewujudkan Indonesia Emas pada 2045 dengan cara mempersiapkan generasi emas agar terbebas dari stunting.

Asam sulfat dan asam folat adalah dua zat yang memiliki nama cukup mirip. Namun, keduanya memiliki sifat, fungsi, dan kegunaan yang sangat berbeda.

Meski mirip, keduanya memiliki fungsi yang sangat berbeda. Asam sulfat digunakan dalam jumlah yang besar oleh industri besi dan baja untuk menghilangkan oksidasi, karat, dan kerak air sebelum dijual ke industri otomobil.

Sementara asam folat merupakan jenis vitamin B yang biasanya ditemukan dalam makanan, seperti kacang kering, kacang polong, lentil, jeruk, produk gandum, hati, asparagus, bit, brokoli, kecambah, atau bayam. Asam sulfat bukan merupakan zat yang bisa dikonsumsi, berbeda dengan asam folat yang bisa dikonsumsi.

Ucapan Gibran yang salah sebut asam folat menjadi asam sulfat bermula dari video yang diunggah netizen viral di media sosial. Dalam cuplikan video itu, Gibran terdengar membicarakan tentang gizi ibu hamil.

“Ketika hamil harus dicek, ya, asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak. Ketika anaknya lahir sampai dua tahun asinya terpenuhi enggak, berat badannya,” kata Gibran.

Video berisikan Gibran yang terpleset lidah itu ramai menjadi bahan perbincangan dan menuai banyak komentar dari warganet.

Usai viral di media sosial, Gibran meminta agar ucapan asam sulfat dikoreksi dengan lebih baik. Permintaan maaf itu muncul dalam video yang juga viral di Twitter.

“Oh nggeh nggeh, ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya,” ucap Gibran yang diwawancarai wartawan dalam video singkat.

“Kemarin saya nyebutnya apa? Asam sulfat? Nah asam folat, sorry, sorry ya, maaf. Mohon dikoreksi,” lanjut Gibran.

Meski telah meminta maaf, insiden beberapa kali salah sebut asam folat menjadi asam sulfat untuk kebutuhan gizi ibu hamil oleh Cawapres Gibran Rakabuming Raka tetap jadi pro kontra diberbagai media. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button