Edu

MP3DIKSI, Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Berintegritas serta Loyalitas Terhadap Ikadiksi

ZETIZENS.ID – Ikatan Keluarga Mahasiswa KIP-K dan Bidikmisi (Ikadiksi) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengadakan Masa Pelatihan dan Pembekalan Pemimpin Mahasiswa Berprestasi KIP-K dan Bidikmisi (MP3DIKSI) di Bumi Perkemahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang Banten pada 1-3 Desember 2023.

Kegiatan ini mengusung tema, “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan yang Berintegritas serta Loyalitas terhadap IKADIKSI Melalui MP3DIKSI”.

Ketua Pelaksana, Najarulloh, melaporkan, kegiatan ini diikuti 101 peserta MP3DIKSI tahun 2023.

Ketua Umum Ikadiksi Untirta, Siti Adila Nurhanis menyatakan, kegiatan MP3DIKSI ini sebagai regenerasi baru terhadap kepengurusan Ikadiksi selanjutnya.

“MP3DIKSI ini sebagai permulaan untuk memupuk jiwa kepemimpinan dan loyalitas terhadap Ikadiksi yang mana sebagai tongkat estafet kepengurusan selanjutnya,” tuturnya.

Acara ini dibuka oleh Ketua Dewan Pertimbangan Ikadiksi Untirta, Tiaroh. Ia menjelaskan, MP3DIKSI merupakan salah satu program kerja Ikadiksi dari Departemen PSDM yang di mana memiliki beberapa tujuan.

Salah satunya yaitu untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa KIP-K dan Alumni Bidimkisi Untirta.

Melalui momentum ini, Tiaroh berharap semuanya bisa mengenal keluarga di Ikadiksi dan membangun hubungan yang baik antara mahasiswa penerima KIP-K dan Bidikmisi Untirta dengan alumni.

“Harapannya semoga diadakannya kegiatan ini, kita dapat saling mengenal keluarga di Ikadiksi serta memberikan pengalaman baik agar kedepannya hubungan kita baik mahasiswa penerima KIP-K dan Alumni Bidikmisi Untirta selalu terjalin erat,” harapnya.

Untuk mewujudkan tujuan dari MP3DIKSI ini, diadakan kegiatan pengenalan struktur kepengurusan Ikadiksi Untirta dan LSO Ikadiksi FT Untirta, pengenalan Dewan Pertimbangan dan Sekretaris Jendral Ikadiksi mini talkshow, senam, dan pentas seni dengan api unggun.

Selain itu, kegiatan ini diisi oleh beberapa materi pokok, di antaranya komitmen, konsisten, dan loyalitas (K2L) dengan pemateri Subhana, Management Organisasi Ikadiksi dengan Pemateri Mulyana, S.T, Kepemimpinan Ikadiksi yang Berintegritas dengan Pemateri TB. Ansor Nasrullah, S.Pi.

Selain materi, dalam rangkaian MP3DIKSI ini diisi dengan pemilihan Ketua Angkatan Mahasiswa KIP-K dan Bidikmisi angkatan 2023.

Terdapat lima calon ketua angkatan, yaitu Yennie Tri Susanti, Dina Salsabila, Dea Putri, Abdul Muid, dan Ismatulloh. Pemilihan ini dilakukan secara musyawarah antarmahasiswa KIP-K dan Bidikmisi tahun 2023.

Ismatulloh sebagai Ketua Angkatan 2023 tak menyangka akan terpilih. Ia memohon doa untuk kekompakan dan persaudaraan angkatan 2023 tetap terjaga.

“Saya gak menyangka bisa menjadi Ketua Angkatan 2023 dan saya juga berpesan untuk abang teteh Ikadiksi untuk mohon doanya semoga angkatan 2023 selalu bersama, makin kompak, dan rasa persaudaraanya tetap terjaga,” kata Ismatulloh.

Dalam acara ini beberapa alumni KIP-K dan Bidikmisi turut hadir dalam kegiatan MP3DIKSI 2023.

Menurut Subhana selaku pemateri dan alumni, MP3DIKSI ini merupakan ajang mempererat silaturahmi dan momentum membentuk karakter calon-calon pemimpin khususnya di Ikadiksi Untirta.

“Saya berharap adanya kegiatan MP3DIKSI ini selain ajang mempererat tali silaturahmi juga dapat menjadikan kegiatan ini sebagai momentum pembentukan karakter calon-calon pemimpin khususnya di Ikadiksi Untirta. Dan saya juga berharap melalui kegiatan ini, peserta dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang selalu mengedepankan integritas sehingga mereka dapat menjadi pemimpin yang komitmen, konsisten, dan mempunyai loyalitas tinggi terhadap Ikadiksi Untirta,” jelasnya.

Selain itu, Maskin yang merupakan salah satu Alumni Ikadiksi Untirta merasa sangat hangat kekeluargaannya dalam kegiatan ini.

“Kesannya sangat hangat banget kekeluargaannya, acara yang sangat luar biasa banyak ilmu yang didapat dan panitianya sangat solid dan cekatan banget lah, 4 jempol buat panitia,” kata dia.

Maskin juga berpesan untuk terus bermanfaat sebagai Mahasiswa KIP-K.

“Terus menjadi manfaat buat mahasiswa KIP-K meskipun kadang perjuangan kita selalu dipandang sebelah mata. Dan buat angkatan 2023 ditunggu kontribusi nya di Ikadiksi,” tutup Maskin. (*)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button