Nusantara

Menanggapi Inul Daratista yang Panik Pajak Naik, Sandiaga Uno: Tidak Perlu Khawatir

ZETIZENS.ID – Belakangan ini tengah viral di media sosial curhatan Inul Daratista yang mengeluh soal kenaikan pajak hiburan.

Inul Daratista yang memiliki bisnis hiburan berupa tempat karaoke merasa keberatan dengan kenaikan pajak tersebut karena sang penyanyi dangdut tersebut mengaku tempatnya akan jadi sepi pengunjung.

Ia juga mengatakan bahwa hal itu akan berdampak pada pemutusan kerja karyawan yang bekerja di tempatnya sebab kemungkinan ia tak sanggup bila harus membayar semua karyawannya.

Kenaikan pajak hiburan yang tinggi ini pun tentunya menimbulkan kritik tajam dari beberapa kalangan.

Polemik kenaikan pajak ini banyak membuat para pemilik bisnis hiburan diluar sana pun jadi gusar. Inul Daratista juga menuliskan keluh kesahnya di Twitter hingga menjadi trending topik.

Ia pun dua kali mention Sandiaga Uno untuk membantu para pemilik usaha hiburan menyuarakan aspirasi.

Menyikapi hal tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi protes yang disampaikan penyanyi dangdut sekaligus pengusaha karaoke Inul Daratista terkait kenaikan pajak hiburan menjadi 40-75 persen.

Sandi mengatakan pemerintah siap mendengar semua masukan dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk soal pajak hiburan. Karenanya, para pelaku usaha diimbau untuk tidak khawatir.

“Pelaku usaha tidak perlu khawatir. Karena masih proses judicial review, Pemerintah memastikan semua kebijakannya itu untuk memberdayakan dan memberikan kesejahteraan, bukan untuk mematikan usaha,” ujar Sandiaga Uno.

Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menjelaskan alasan dinaikkannya pajak hingga capai 75 persen.

Tentu semua yang dilakukan ini adalah untuk membuat sektor ini menjadi kuat dan demi kebaikan masyarakat Indonesia.

“Seluruh kebijakan termasuk pajak akan disesuaikan agar sektor ini kuat, agar sektor ini bisa menciptakan lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja,” tulisnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah memberikan apresiasi. Mbak @inul.d dan teman-teman semuanya, terima kasih atas aspirasinya,” tulis Sandiaga Uno masih pada pada postingan yang sama.

Postingan Sandiaga Uno tersebut pun langsung diserbu netizen.Tak jarang, netizen yang membela Inul Daratista dan pelaku usaha lainnya. Bahkan hingga saat ini, Instagram Sandiaga Uno masih dipenuhi hujatan dari netizen.

“40 persen itu bukan lagi pajak. Itu bagi hasil namanya. apalagi klo 75 % itu ngerampok namanya pak mentri.”

“Pak, bali udah ga terlalu rame kaya dulu lho karena org-org prefer ke thailand krn serba murah, variasi wisata dan biaya transportasi yg lbh terjangkau.”

“rezim mlarat nyusahin rakyat…!! sok2an bangun IKN..”

“Kalau mau bangun IKN ndak punya duit, jangan apa apa dibebankan ke rakyat lewat pajak. Mbokya itu gaji pejabat aja yg pajaknya gede,” ujar para netizen. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button