Aice Jadi Merek Es Krim Pilihan No. 1 Gen Z
Raih Penghargaan Gold Award di Youth Choice Award 2025
![](https://zetizens.id/wp-content/uploads/2025/02/Aice-Gen-Z-780x470.jpg)
ZETIZENS.ID – Aice Group, produsen es krim terkemuka di Asia Tenggara, kembali menegaskan posisinya sebagai merek pilihan nomor satu generasi muda Indonesia.
Aice didapuk Gold Award dalam kategori Ice Cream, dalam ajang Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2025. Penghargaan yang diserahkan pada Jumat (24/1/2025) lalu ini, menjadi bukti inovasi berkesinambungan Aice dalam menghadirkan produk berkualitas dan komunikasi yang relevan dengan karakter Gen Z.
Sylvana Zhong selaku Senior Brand Manager Aice Group, mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya atas pencapaian ini.
Menurutnya, penghargaan ini mencerminkan kepercayaan tinggi dari konsumen muda Indonesia terhadap produk dan brand Aice. Aice menjadikannya sebagai motivasi perusahaan untuk terus menghadirkan inovasi yang sesuai dengan gaya hidup kekinian Gen Z.
“Penghargaan Marketeers Youth Choice Award ini adalah pengakuan penting atas usaha Aice menciptakan produk es krim yang memiliki dampak positif serta resonansi kuat ke audiens muda termasuk Gen Z. Mereka adalah segmen yang unik, dengan preferensi serta tren yang masif dan cepat berubah. Selain memastikan level kualitas dan inovasi terbaik di setiap es krim Aice, kami juga selalu mengadaptasi gaya komunikasi yang sesuai dengan karakteristik mereka. Dengan strategi ini, mudah-mudahan Aice selalu terus menjadi top of mind di kalangan Gen Z,” ujar Sylvana.
Youth Choice Award: Bukti Koneksi Erat Aice dengan Gen Z
Youth Choice Awards sendiri telah menjadi salah satu penghargaan bergengsi di Indonesia yang diberikan kepada merek, produk serta individu yang berhasil menarik perhatian dan dukungan dari kalangan generasi muda.
Penentuan penentuan pemenang dilakukan melalui online voting yang melibatkan lebih dari 2.300 Gen Z dari kalangan siswa sekolah menengah, mahasiswa, hingga fresh graduate yang tersebar di beberapa kota di Indonesia dan Malaysia.
Di Indonesia sendiri, meliputi Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Palembang, Makassar, Semarang, Padang, dan Bali.
Sebagai pemilik hajatan tersebut, CEO Markplus, Inc,. Iwan Setiawan, menekankan pentingnya peranan segmen Gen Z dalam strategi pemasaran modern.
“Segmen Gen Z sangatlah penting bagi para marketer, karena merekalah the one that setting the trend. Di sisi lain, banyak sekali keputusan pembelian di dalam keluarga masa kini, yang keputusannya terjadi atau diserahkan kepada anak mereka yang berumur Gen Z,” jelasnya.
Youth Choice Award melakukan penilaian mendalam atas berbagai merek berdasarkan empat aspek utama. Aspek Creativity, Innovation, Reach, dan Impact, dianalisis dalam penelitian bermetode survei dengan basis Customer Journey 5A (Aware, Appeal, Ask, Act, Advocate).
Iwan menegaskan bahwa pencapaian tertinggi sebuah merek bukan hanya saat konsumen melakukan pembelian ulang, tetapi ketika mereka secara aktif merekomendasikan produk kepada orang lain.
Menurutnya, Aice mampu konsisten menghadirkan inovasi produk yang sesuai dengan selera dan tren di kalangan Gen Z.
Konsisten Berinovasi dan Berkoneksi Kuat dengan Gen Z
Sebagai merek es krim favorit anak muda, dalam beberapa tahun terakhir, Aice cukup masif dalam meningkatkan volume produksi sekaligus varians uniknya.
Beberapa produk terbaru inovatif yang tengah populer di antaranya adalah Aice Histeria Peach. Varian ini adalah es krim cake stik pertama di Indonesia yang mampu mengombinasikan rasa buah Honey Peach pilihan berlapiskan cokelat premium yang renyah.
Selain itu, terdapat pula Aice Mochi Peach dan Aice Mochi Banana, es krim mochi dengan kombinasi rasa segar dan tekstur kenyal. Ada pula Aice Crispy Balls, es krim dengan lapisan cokelat yang dipadukan dengan wangi malt dan isian bola-bola krispi yang melimpah.
Berbagai produk tersebut dirancang untuk memberikan pengalaman menikmati es krim yang lebih kaya, menyegarkan dan komposisi bahan-bahan berkualitas.
Selain inovasi produk, Aice juga secara aktif membangun koneksi dengan Gen Z melalui berbagai ajang besar. Pada 2018, Aice menjadi satu-satunya merek es krim yang terpilih sebagai sponsor resmi Asian Games 2018.
Kemudian di 2022, Aice melanjutkan eksistensinya di kancah global dengan menjadi Merek Es Krim Resmi Asia Tenggara untuk FIFA World Cup Qatar 2022, serta menggandeng pemain terbaik dunia, Lionel Messi sebagai Brand Ambassador.
Komitmen Aice dalam mendukung olahraga terus berlanjut pada 2023, dengan menjadi sponsor dalam pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia dan Timnas Argentina.
Terakhir, tahun lalu Aice menjadi Worldwide Olympic Partner di Paris dan Official Ice Cream dari Timnas Indonesia, sekaligus meluncurkan Aice Crispy Balls sebagai inovasi terbaru di perhelatan olahraga terbesar dunia tersebut.
Untuk menarik minat dan bakat anak muda Gen Z, Aice juga mengadakan Aice Starlympic, sebuah program tahunan yang menggabungkan olahraga dan kreativitas anak muda Indonesia.
Lewat hajatan ini, Aice memberikan ruang bagi Gen Z untuk menunjukkan bakat mereka di bidang olahraga dengan konsep kompetisi yang seru dan inspiratif. Kedekatan Gen Z dengan dunia digital dan media sosial, membuat Aice aktif memanfaatkan platform digital untuk mengajak mereka hidup sehat melalui olahraga serta turut mendukung perkembangan dunia olahraga di Indonesia.
Deretan Penghargaan, Bukti Kepercayaan Konsumen
Sebagai pelopor es krim berkualitas, Aice juga telah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi yang memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar di industri es krim, terutama di kalangan Gen Z.
Aice telah memenangkan Top Brand Award selama enam tahun berturut-turut, sejak 2019 hingga 2024. Selain itu, Aice juga meraih Top Brand for Kids Award sejak 2019 hingga 2024, yang makin menegaskan kepercayaan tinggi dari konsumen muda dan keluarga.
Tak hanya itu, Aice juga mendapatkan Superbrands Award lima tahun terakhir secara berturut-turut sejak 2020.
Produsen es krim yang dijual di 400 ribu warung dan modern market se-Indonesia ini, juga diakui oleh Euromonitor sebagai Indonesia’s No.1 Ice Cream Brand pada tahun 2023 dan No.1 Indonesia’s Ice Cream Brand di tahun lalu.
Deretan penghargaan tersebut menjadi pengakuan atas komitmen Aice menghadirkan produk berkualitas tinggi yang dicintai oleh berbagai segmen konsumen.
Komitmen Kualitas Aice untuk Generasi Masa Depan
Data Badan Pusat Statistik (BPS) lewat Sensus Penduduk 2020 memperlihatkan Gen Z mendominasi jumlah penduduk Indonesia, sekitar 74,93 juta jiwa atau sama dengan 27,94% jumlah populasi.
Hal ini membuktikan bahwa Gen Z adalah segmen masyarakat yang memiliki buying power besar. Selain itu, Gen Z juga akan menjadi orang tua di masa depan, sehingga di di tangan merekalah produk berkualitas bagi keluarga mereka akan ditentukan.
Dominasi Gen Z di Indonesia tersebut menjadi motivasi bagi Aice untuk terus berinovasi dan mempertahankan relevansinya bagi generasi muda.
“Dengan penghargaan ini, kami semakin termotivasi untuk terus berkembang. Aice akan terus menghadirkan lebih banyak keceriaan bagi konsumen, terutama Gen Z. Yang terpenting, ini menjadi inisiatif kami untuk mempertahankan posisi sebagai merek yang terus relevan dan makin dicintai oleh masyarakat,” tutup Sylvana. (Zee)