Highlight

Momen Hari Pelanggan Nasional, PLN UID Banten Perkuat Sinergi dengan Dinas ESDM Provinsi Banten

ZETIZENS.ID – Momentum Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2024 dimanfaatkan sebaik mungkin oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten dengan melakukan penguatan sinergitas antara PLN UID Banten dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Banten.

Penguatan melalui kunjungan ini bertujuan untuk mendukung percepatan program ketenagalistrikan untuk masyarakat di Provinsi Banten.

Menerima secara hangat di kantornya adalah Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten, Deri Dariawan, ST, M.MT beserta jajaran. Sementara hadir mewakili PLN UID Banten adalah Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Ari Prasetyo Nugroho, dan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banten Utara, Hanfi Adrhean Abidin.

Pada pertemuan ini dibahas strategi peningkatan layanan kelistrikan untuk masyarakat, listrik desa, hingga upaya-upaya pembangunan ketenagalistrikan yang ramah lingkungan selaras dengan target pemerintah pusat dalam menuju Net Zero Emission tahun 2060.

Deri menyampaikan bahwa pihaknya concern dalam mempercepat bauran energi hijau di Banten, melihat Banten memiliki potensi dalam menunjang itu semua seperti potensi PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro), hingga PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu). Untuk itu pihaknya akan intens berkoordinasi dengan PLN UID Banten.

“Pada intinya kami siap mendukung dan bergerak bersama PLN dalam merealisasikan NZE 2060 sesuai arahan pemerintah pusat. Kami juga mengapresiasi langkah PLN dalam menunjang energi hijau seperti upaya menghadirkan green area, _renewable energy certificate (REC), hingga beragam strategi seperti co-firing dan lain sebagainya,” terang Deri dalam sambutannya.

Disisi lain Deri memiliki target internal untuk melakukan program peningkatan energi perkapita untuk masyarakat Banten. Ia berharap PLN UID Banten bisa mendukung upayanya tersebut.

Tak lupa Deri juga mengucapkan terima kasih karena PLN UID Banten telah banyak membantu ekskalasi dan penanganan program-program Pemerintah Provinsi Banten khususnya capaian luar biasa terkait listrik desa.

“Salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan meningkatkan konsumsi listrik perkapita, karenanya kami mohon dukungan PLN dalam hal itu melalui beragam promo tambah daya hingga program pasang baru gratis. Apresiasi kepada PLN UID Banten atas capaian listrik desa hingga program internal yang inovatif seperti LUTD (Light Up The Dream), semoga dengan itu target kami terkait peningkatan konsumsi listrik perkapita dapat tercapai,” pungkas Deri.

Selaras dengan itu semua, General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin siap meningkatkan kolaborasi dengan Dinas ESDM Provinsi. Pihaknya akan berkomitmen untuk bersama dalam mempercepat peningkatan bauran energi hijau di Banten melalui beragam program salah satunya dengan green area di wilayah Banten.

“Sudah banyak capaian gemilang yang kami raih bersama Dinas ESDM Provinsi Banten seperti peningkatan rasio elektrifikasi, listrik desa, dedieselisasi, ekosistem EV (electric vehicle) melalui banyaknya sebaran SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), dan lain sebagainya. Tentu ini akan kami teruskan dan kini tema besar kedepan adalah menuju energi yang ramah lingkungan,” jelas Andy.

Andy menambahkan bahwa kunjungan ini merupakan langkah penting untuk memperkuat kerja sama dalam berbagai program kunci kedepannya.

Ia mengungkapkan bahwa terakhir PLN telah melakukan beragam aktivitas untuk memperkenalkan electrifying lifestyle seperti memasak bersama pemerintah daerah dan masyarakat menggunakan kompor induksi. Ia berharap semoga ini menjadi langkah awal dan upaya meningkatkan layanan PLN yang paripurna. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button