Nusantara

Festival Durian Ada di Mana-mana, Kamu Salah Satu Pecintanya?

ZETIZENS.ID – Beberapa waktu lalu di Mall of Serang, Kota Serang ada Festival Durian. Dengan promo bayar 120k bisa makan sepuasnya.

Ternyata, Festival Durian ini banyak ditemui di berbagai tempat di nusantara. Dirangkum dari berbagai sumber, festival di tempat lain membuat ratusan warga berdesak-desakan menyerbu gunungan durian, bahkan ada yang rela memanjat naik agar bisa mendapat buah berduri nan lezat ini.

Dalam waktu singkat, ratusan durian maupun buah lainnya yang dipasang di gunungan langsung ludes.

Pemandangan ini terlihat pada kegiatan Festival Durian yang diselenggarakan oleh Pemkab Pekalongan di wisata alam La Ranch Desa Limbangan Kecamatan Karanganyar.

Kegiatan yang bertajuk ”Festival Durian Kabupaten Pekalongan,” ini sangat ramai karena dipadati oleh ribuan warga dari sejumlah daerah.

Di daerah ini saat panen raya durian hasilnya mencapai sekitar 9.000 ton dan tahun 2020 meningkat menjadi lebih kurang 10.000 ton.

Festival durian juga ada di Festival Durian Bumi Soedirman #1 di Lapangan Dusun Sumingkir, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Di Desa Bantarbarang khususnya Dusun Sumingit ada sekitar 300 hektar perkebunan yang ditanami durian. Durian yang dihasilkan memiliki rasa yang manis dan tidak kalah dengan durian lainnya.

Festival ini memberikan keuntungan bagi masyarakat setempat dan petani durian yakni adanya perputaran ekonomi. Selanjutnya, mempromosikan durian lokal dari Desa Bantarbarang ke masyarakat luas.

Festival Buah di Desa Air Mesu Bangka Tengah juga mengembangkan durian unggul lokal serta optimis durian lokal Bangka dapat bersaing di pasar internasional karena memiliki lahan pembibitan yang luas.

Budidaya yang dilakukan selama ini dianggap sudah berhasil membuahkan produk durian varietas lokal dengan jumlah dan kualitas perpaduan rasa manit dan pahit yang digandrungi orang.

Giat Festival Durian Ini sebagai wujud keberhasilan Provinsi Bangka Belitung dalam mengembangkan berbagai jenis varietas durian lokal yang telah dilepas oleh BSIP di Provinsi Kep. Bangka Belitung seperti jenis Namlung dan Klamunot. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button