Finance

Ini Tips Kelola Keuangan dengan Baik Supaya Tidak Boros

ZETIZENS.ID – Di akhir tahun ini memang kebutuhan akan uang semakin banyak dikeluarkan baik untuk menyambut hari Natal, liburan sekolah hingga menyambut tahun baru.

Pada momen ini, keuangan semakin menipis untuk memberikan kado dan untuk liburan bersama keluarga dan kerabat.

Agar segala kebutuhan tersebut terpenuhi dan tabungan tak terkuras, perlu mengelola keuangan kembali mulai dari sekarang untuk masa depan nanti. Sehingga saat liburan tak kewalahan merogoh kocek yang lumayan besar. Berikut tipsnya.

1. Mencatat List

Hal yang penting untuk dilakukan saat mengelola keuangan adalah menentukan dan mencatat kebutuhan apa saja yang akan dialokasikan. Baik untuk hari raya, tahun ajaran baru, liburan sekolah dan lainnya. Kita perlu menentukan budget yang dianggarkan.

Jika memiliki rencana liburan, perlu memilih list destinasi wisata yang ingin dikunjungi sesuai dengan budget. Jangan memaksakan jika budget tak cukup.

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Selanjutnya, agar mengetahui kemana saja uang yang kita gunakan, juga perlu mencatat untuk pemasukan dan pengeluaran.

Memang terlihat sepele, namun dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan, kita akan mengetahui ke depannya apakah terjadi pemborosan budget yang sudah ditetapkan atau tidak

3. Menabung atau Investasi

Dari langkah sebelumnya, juga perlu menyisihkan uang untuk investasi atau menabung baik untuk rencana masa depan atau sebagai dana darurat jika ada keperluan mendesak. Kita bisa menentukan jumlah budget yang harus ditabung setiap bulannya.

4. Antisipasi dengan Asuransi

Untuk menjaga kestabilan keuangan, dapat mengantisipasi dengan asuransi. Asuransi dapat digunakan untuk proteksi diri dan orang terdekat dari kejadian tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, penyakit dan lainnya.

Nah itu dia tipsnya, semoga bermanfaat. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button