Finance

Mesin ATM di Amerika Kalah Canggih dengan Indonesia, Affah Iya?

ZETIZENS.ID – Tak disangka, negara yang terkenal seperti Amerika Serikat ternyata tak miliki mesin ATM dengan kecanggihan seperti di Indonesia.

Salah satu pengguna TikTok menceritakan segala hal yang berbeda dan membandingkan mesin ATM di Amerika Serikat yang miliki perbedaan signifikan.

Pasalnya, mesin ATM di AS hanya dapat digunakan untuk mengambil uang dan cek saldo, tak seperti di Indonesia yang memiliki banyak fitur untuk memudahkan transaksi.

Bahkan, salah satu pengguna TikTok yang bercerita pun mengaku kaget bahwa mesin ATM di Indonesia dapat mengirimkan uang ke bank lain, dengan nomor alamat bank yang terdapat di mesin ATM.

Selain itu, beberapa kebutuhan transaksi terkait perpajakan juga dapat dilakukan melalui mesin ATM Indonesia.

Pengguna TikTok bernama Joy juga menampilkan fitur-fitur mobile banking yang ada di AS. Fasilitasnya tidak sebanyak mobile banking yang ada di Indonesia.

Selama ini, netizen mengira jika mesin ATM di Amerika jauh lebih lebih canggih dibanding Indonesia.

Kemudian Joy menyebut jika bank-bank di AS tidak memiliki jaringan bersama seperti di Indonesia.

Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengungkapkan memang fasilitas atau fitur mesin ATM di Indonesia jauh lebih canggih dibanding AS karena di Indonesia itu bisa untuk banyak transaksi, mulai dari setor tunai, bayar listrik, bayar asuransi, tiket pesawat dan banyak lagi.

Sedangkan di Amerika memang terbatas transaksinya, hanya bisa ambil tunai dan cek saldo serta beberapa transaksi lain. (Sarah)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button