Life Style

Melly Goeslaw dan Nike Ardilla Bertemu Kembali Dalam Lagu Duet, Wow!

ZETIZENS.ID – Kemajuan teknologi semakin menjadi. Meski almarhumah Nike Ardila sudah tiada, tapi dengan teknologi, Melly Goeslaw sang penyanyi yang bakatnya tak dapat diragukan lagi ini bongkar pasang vokal Nike Ardila untuk bisa berduet.

Melly Goeslaw dan tim meracik ulang rekaman suara sahabatnya, mendiang Nike Ardilla, menjadi sebuah lagu duet bertajuk Bertemu Kembali yang dirilis pada Rabu 6 Desember 2023.

Melly Goeslow mengatakan bahwa suara yang berduet dengannya merupakan suara asli Nike Ardila bukan hasil AI, namun untuk video klip memang dari AI.

“Suaranya bukan AI ya, suaranya asli, diambil dari master yang dulu. Jadi bukan AI. Yang AI itu video klipnya,” kata Melly Goeslaw.

Hal unik ini mulanya terjadi ketika ia ditawari kerja sama oleh Produser Musica Studio’s, Indrawati Widjaja atau yang kerap disapa Bu Acin, untuk menggarap kolaborasi dengan Nike Ardila.

Melly Goeslaw kemudian tertarik dengan tawaran tersebut, tapi ia ingin memberikan sesuatu yang unik dan berbeda.

“Master vokal Nike sekarang sudah di tangan Musica semua. Waktu ketemu Bu Acin, saya masih berpikir ‘ah ini pasti cuma wacana saja enggak akan terjadi. Nanti kalau terjadi paling di konser saja pakai hologram,’ padahal saya ingin lebih dari itu,” kata Melly.

Melly menyebut ini adalah persembahan spesial dihari lahir sahabatnya, mendiang Nike Ardila pada 27 Desember mendatang.

Untuk memberikan sentuhan yang berbeda dan unik, Melly berpikiran untuk menghadirkan Nike kembali lewat hal serupa dan memberikan kesan duet bersama.

Melly memilih untuk menggabungkan lagu lama Nike dengan lagu baru yang belum ia rilis sebelumnya.

“Terus saya pilih lagu-lagu yang ditawarkan ke saya. Karena saya salah satu penggemar produser Dadang S. Manaf saya pilih lagu Duka Pasti Berlalu,” kata Melly Goeslaw.

Melly Goeslaw dan tim mengaku sempat kesulitan untuk menggabungkan vokal antara Nike Ardila dengan dirinya.

“Pusing juga mixingnya agak sulit, karena vokal aku sama vokal Nike supaya cocok, supaya sama nuansanya,” ujarnya.

Namun meskipun sempat kesulitan tetapi akhirnya semuanya berjalan lancar, yang menjadi tugas selanjutnya ialah membuat video klipnya tampak nyata menghadirkan Melly Goeslaw dan Nike Ardila dalam satu frame yang sama.

Akhirnya ia dan tim memanfaatkan kecerdasan teknologi buatan seperti deepfake yang digunakan untuk menghidupkan kembali vibes sosok penyanyi fenomenal di era ’80-an tersebut.

Deepfake sendiri merupakan manipulasi foto atau video dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk menyatukan kemiripan seseorang ke wajah orang lain. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button