Edu

Optimalkan Potensi Siswa, SMK Informatika Gelar Pelatihan Menulis

ZETIZENS.ID – Dalam upaya optimalisasi potensi anak muda di Banten, SMK Informatika Kota Serang menggelar pelatihan menulis.

Berlokasi di Aula SMK Informatika, Jl. KH. Amin Jasuta Jl. Kaloran Kidul No.15 C, Lontarbaru, Kota Serang, kegiatan ini digelar pada Senin (13/11/2023).

Kepala SMK Informatika, Idoh Roudotul Janah menyampaikan, acara ini merupakan bentuk kepedulian sekolah untuk siswa yang mempunyai potensi di bidang kepenulisan.

“Acara ini tentunya sangat bermanfaat untuk siswa khususnya mereka yang punya potensi/bakat, minat di bidang penulisan Sastra, baik puisi maupun prosa,” ungkap Roudotul Janah.

Wanita yang fokus dan berkecimpung di bidang bahasa dan sastra ini juga mengungkapkan keresahannya terkait minimnya wadah untuk mereka yang mempunyai potensi/bakat serta minat dan ingin menyalurkan karyanya.

“Kita sering menemukan banyak potensi dari anak-anak baik dari sastra, seni atau bidang lainnya, cuma kembali lagi karena minimnya wadah dan juga pengarahan yang jelas membuat potensi dan juga kreativitas siswa jadi kurang tersalurkan dengan baik,” jelasnya.

Roudotul Janah juga berharap, semoga acara yang di gelar, dengan menampilkan narasumber yang kompeten bisa membangkitkan potensi yang dimiliki para siswa SMK Informatika Kota Serang.

Abdul Salam HS, selaku pemateri menjelaskan beberapa materi seputar kepenulisan, dari mulai sejarah sastra, kepenulisan, biografi dan perjalanan pribadi sampai menjadi penulis profesional juga pengalamannya bertemu dengan tokoh-tokoh penulis yang ia idolakan.

“Jika kita bukan terlahir dari orang kaya, presiden dan tokoh besar lainnya. Setidaknya jadilah kita penulis,” ungkapnya.

Presiden Rumah Dunia itu juga menerangkan bahwa dalam menulis butuh latihan secara langsung dan itu harus kita biasakan mulai dari sekarang.

“Semuanya perlu diasah dan dilatih, karya besar tentu berawal dari dasar bahkan sering mengalami kegagalan dan penolakan, namun mereka tidak menyerah untuk terus menulis dan mengasah tulisannya,” katanya.

Sebagaimana diketahui bahwa Abdul Salam HS merupakan penyair asli Banten yang mempunyai banyak karya dan potensi yang luar biasa, saat ini aktivitasnya sebagai presiden di Rumah Dunia.

Sebagai penggiat literasi ia konsen di dunia tulis menulis sejak SMA dan karya-karyanya berupa puisi dan esai sudah dimuat di beberapa media dan surat kabar seperti Radar Banten, Kabar Banten, Banten Pos, Satelit News, Barayapost, Indopos, Pikiran Rakyat dan Media Indonesia.

Pada sesi materi, selain teori dan pemahaman seputar kepenulisan Abdul Salam juga memberikan tugas praktek secara langsung, mulai dari penulisan kata-kata, penggunaan prosa yang baik dan juga praktek membuat puisi dari gambar, sesi akhir diminta para peserta untuk membuat karya puisi tentang gambar yang disiapkan.

Gita Seftiani, siswi kelas XII OTKP, SMKIN sekaligus peserta pelatihan menulis sempat membacakan karyanya di depan peserta lainnya tentang Pedih Tak Berkesudahan.

“Kan ku peluk raut wajahmu, memandang kehidupanmu yang sendu, berfikir akankah hidupku akan maju, berpangku kepada kehidupan yang tak jelas raungan ceriamu terkikis sudah….”

Tambahan informasi, suasana acara begitu meriah, diisi dengan praktek pembacaan karya secara bergantian dari siswa-siswa SMK Informatika Kota Serang dan ditutup dengan sesi foto bersama. (Hamzah)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button