Life Style

Mau Tahu Langkah Antisipasi saat Musim Hujan, Simak Ini!

ZETIZENS.ID – Musim hujan tiba. Memasuki musim hujan, masyarakat perlu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena hujan. Saat musim hujan akan terjadi dampak buruk jika tidak mengantisipasinya.

Hujan yang sering turun dan deras akan membuat rusak atap dan sirap rumah lebih cepat. Sehingga dapat berpotensi merembesnya air dan mengakibatkan genangan pada sekitar rumah jika belum dilakukan pencegahan atau antisipasi.

Sebelum hujan deras dengan intensitas tinggi dan agar terhindar dari masalah-masalah akibat hujan, perlu melakukan berbagai langkah antisipatif. Berikut langkah atau tipsnya.

1. Periksa dan Bersihkan Selokan dan Talang Air Rumah
Saat memasuki musim penghujan, perlu memastikan untuk memeriksa dan membersihkan talang air dan selokan secara rutin karena banyak daun-daun serta serpihan lainnya dapat menyumbat aliran air.

2. Memastikan Ventilasi Rumah dalam Kondisi Baik
Selanjutnya, part yang penting untuk mengantisipasi saat musim hujan ialah harus memastikan rumah memiliki ventilasi yang baik. Sat musim hujan tingkat kelembaban rumah jadi tinggi. Untuk itu, harus mencegah pertumbuhan jamur dan kerusakan akibat rumah yang lembab.

3. Periksa Instalasi Listrik
Langkah selanjutnya, juga perlu memeriksa instalasi listrik di rumah. Pastikan semua perangkat listrik mengikuti standar keamanan. Jika ada yang rusak sebaiknya segera diganti. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kebakaran atau sengatan listrik akibat korsleting listrik.

4. Antisipasi Risiko Angin dan Banjir
Biasanya, saat musim hujan dengan intensitas tinggi, hujan disertai dengan angin kencang dan banjir. Bagi yang menyimpan barangnya di luar rumah, pastikan menaruh barang atau perabot rumah di tempat yang aman agar barang tidak rusak.

Nah itu dia cara atau langkah dalam mengantisipasi musim hujan. (Ismi)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button