Finance

Akseptasi QRIS Meningkat, Provinsi Banten Tempati Posisi ke-5 Nasional

ZETIZENS.ID – Bank Indonesia Provinsi Banten terus berkomitmen untuk terus mendorong kemudahan transaksi digital dalam rangka memperluas akseptasi QRIS dengan didukung pengembangan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan dan perluasan kerja sama baik di dalam negeri maupun lintas negara.

Berdasarkan hasil data yang dicatat Bank Indonesia Provinsi Banten, hingga September 2023 jumlah merchant QRIS di Provinsi Banten terus meningkat.

Banten menempati posisi ke-5 jumlah pengguna QRIS tertinggi secara nasional dengan kontribusi sebesar 5,36%.

Jumlah pengguna QRIS Banten pada September 2023 terus bertambah hingga menjadi 92,7 ribu dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada triwulan ketiga tahun 2023, terdapat 1,67 juta merchant QRIS, Angka ini lebih tinggi daripada Triwulan kedua tahun 2023 dimana pada saat itu Bank Indonesia Provinsi Banten mencatat sebanyak 1,50 juta merchant.

Adapun kategori usaha mikro di Provinsi Banten menjadi pelaku usaha paling mendominasi penggunaan QRIS yakni mencapai 58,77% atau sebanyak 975.034 merchant, disusul oleh jenis pelaku usaha kecil mencapai 30,82% atau sebanyak 511.367 merchant, serta pelaku usaha menengah mencapai 6,18% atau sebanyak 102.494 merchant.

Dari sisi utilisasi, volume penggunaan QRIS di wilayah Banten sepanjang tahun 2023 hingga Agustus 2023 mencapai 119,2 juta transaksi atau tumbuh 77% (yoy) dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Adapun total nominal transaksi hingga Agustus 2023 mencapai Rp10,8 triliun.

Nah, bagi Anda pelaku usaha atau masyarakat belum menggunakan QRIS, ayo segera gunakan QRIS karena memiliki banyak manfaat.

Bagi UMKM, manfaat QRIS yaitu kini transaksi lebih kekinian dan praktis, tidak perlu uang kembalian juga. Selain itu dapat meningkatkan penjualan serta meminimalisir pembayaran menggunakan uang palsu.

Sementara itu, manfaat QRIS bagi masyarakat yaitu transaksi atau pembayaran juga lebih cepat dan mudah, Anda tak perlu khawatir lagi saat tidak membawa uang cash. Tenang, QRIS juga dapat terjangkau di akses untuk semua E-Wallet dan yang paling penting, pembayaran menggunakan QRIS lebih aman. (Ismi)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button