Finance

Begini Tips dari OJK Agar Cepat Lunas dari Pinjol

ZETIZENS.ID – Seperti sudah lumrah, belakangan ini banyak masyarakat yang terjerat kasus pinjaman online baik legal maupun illegal karena menginginkan dana lebih cepat.

Hal ini juga menjadi kekhawatiran masyarakat karena bunga yang ditawarkan cukup besar hingga hutang semakin membludak.

Pengajuan pinjaman online yang mudah dapat menjadi jebakan jika tidak terkelola dengan baik.Hal ini menyebabkan masyarakat yang memiliki hutang semakin terlilit utang pinjol.

Dari beberapa kasus terlilit hutang pinjol bahkan sampai ada yang bunuh diri karena tak mampu melunasinya karena situasi yang sangat membebani dan membikin stres si pengutang.

Oleh karena itu, melansir dari akun Instagramnya OJK Indonesia memberikan tips atau cara mengatasi terlilit utang pinjol agar cepat lunas. Berikut tipsnya.

1. Catat semua utang agar tidak lupa membayar utang
Agar tagihan tak semakin membengkak karena denda telat bayar, catat semua hutang pada pinjaman online melalui noted dengan sett alarm kalender agar tidak lupa untuk membayar hutang.

2. Lunasi utang sesuai skala prioritas
Selanjutnya, Anda dapat melunasi hutang dimulai dari nominal paling kecil. Setelah itu, Anda dapat melunasi hutang dengan
bunga paling besar, agar bunga tidak semakin bertambah.

3. Cari penghasilan tambahan
Terakhir, jika tips diatas sudah buntu alias tak berhasil dapat melunasi hutang karena uang pas-pasan. Disarankan untuk mencari penghasilan tambahan baik freelance atau jualan.

Nah itu dia tipsnya, semoga bermanfaat. Perlu diingat, jangan berutang kembali untuk melunasi utang ya. (Ismi)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button