Viral

Air India Boeing 787 Dreamline Kebocoran di Kabin, Kok Bisa?

ZETIZENS.ID – Berita viral penerbangan pesawat Air India Boeing 787 Dreamline dari Delhi ke London mengalami masalah kebocoran di kabin terjadi beberapa waktu lalu. Tepatnya Rabu (29/11/2023).

“Kebocoran air terjadi di kabin pesawat Air India 787 Dreamliner di tengah penerbangan pada 29 November. Penumpang kaget mendapati diri mereka kebasahan dalam perjalanan ke London,” tulis India Today, Kamis (30/11/2023).

Insiden ini terekam dalam video yang tersebar di media sosial. Video tersebut menggambarkan bocornya air dari kompartemen di atas kepala penumpang.

Penumpang yang duduk persis di bawah kucuran air, terpaksa menyingkir karena kursi mereka pun basah kuyup. Sementara itu tak terlihat kepanikan di wajah para penumpang lainnya.

Hal ini menarik perhatian publik dan memicu kekhawatiran terkait keselamatan penumpangnya.

Situs Aviation A2Z menuliskan, kebocoran kabin ini bisa disebabkan berbagai faktor, dan utamanya disebabkan oleh kondensasi.

Biasanya, pihak maskapai juga sudah punya protokol untuk mengatasi masalah seperti ini. Walau begitu, penumpang tetap saja merasa khawatir akan keselamatannya.

Laman CNN Indonesia menyebut, dalam kasus yang dialami penumpang di Boeing 787 ini, awak pesawat terlihat berusaha menangani situasi dengan mengalihkan perhatian dan kekhawatiran penumpang, juga memastikan keselamatan para penumpang.

Video yang menggambarkan bocornya atap kabin pesawat, pertama kali diunggah akun X @baldwhiner. Video tersebut sudah dilihat lebih dari 800 ribu kali dan viral di berbagai akun media sosial.

Video ini mengundang komentar banyak penumpang lainnya.

Salah satunya, berasumsi bahwa air tersebut berasal dari botol minum di bagasi kabin penumpang. Meski demikian, kebocoran ini tetap menimbulkan kekhawatiran dan keraguan terhadap dedikasi maskapai untuk keselamatan penumpang.

Laman Kumparan menulis, Manajemen Air India membenarkan peristiwa itu, namun bukan dalam penerbangan New Delhi ke London.

“Penerbangan AI169 yang beroperasi dari Gatwick ke Amritsar pada 24 November 2023 mengalami kejadian langka dalam penyesuaian kondensasi di dalam kabin,” demikian dinyatakan perusahaan.

Untuk menghindarkan penumpang jadi basah kuyup, awak kabin Air India telah memindahkan mereka ke kursi kosong lainnya.

“Air India berkomitmen terhadap keselamatan dan kenyamanan para tamu di pesawat dan kami menyesali kejadian yang tidak terduga ini,” ujarnya.

Boeing 787 yang biasa disebut Dreamliner, merupakan pesawat badan lebar yang relatif baru.

Pesawat ini punya kapasitas 242 hingga 335 penumpang, tergantung konfigurasi tempat duduk yang diminta maskapai.

Pertama kali diluncurkan di penghujung 2009, Dreamliner perdana dioperasikan oleh maskapai penerbangan Jepang, All Nippon Airways.

Sementara itu India Today menulis, kebocoran pada kabin pesawat merupakan peristiwa yang jarang terjadi. Hal itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, utamanya akibat kondensasi. Yaitu uap atau embun yang mencair di ketinggian

FYI, sebelum ini Air India juga pernah melakukan pendaratan darurat pada 2018 karena pintu pesawat yang tidak tertutup dengan benar. Selain itu, keraguan akan keamanan dan pemeliharaan armada lantaran kasus tikus yang jadi ‘penumpang gelap’ di pesawat pada 2021 lalu. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button