Life Style

Beragam Fitur Meta untuk Dukung Kreativitas, Monetisasi, dan Lingkungan Daring yang lebih Nyaman bagi Kreator

ZETIZENS.ID – Di akhir tahun 2023 ini, Meta menyoroti tren kreasi konten 2024. Selain itu, terdapat juga rangkuman dari serangkaian pembaruan fitur untuk mendukung visibilitas dan terjalinnya koneksi yang lebih baik antara kreator dengan audiens mereka.

“Meta telah menjadi rumah bagi para kreator muda, terutama Gen Z. Hal ini sejalan dengan hasil survei yang dilakukan Meta dan Bain&Co yang menyebutkan, bahwa seperempat populasi Asia Pasifik akan didominasi Gen Z di tahun 2025. Oleh karena itu, kita akan melihat peningkatan popularitas video pendek dan perpesanan bisnis. Sepanjang tahun 2023 ini pun, Meta memperkenalkan beragam pembaruan fitur untuk Facebook, Instagram, dan Threads untuk mendukung kreator Indonesia agar dapat terus berkreasi serta terhubung dengan hal, komunitas, dan orang yang penting bagi mereka,” ujar Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Global untuk Meta di Asia Tenggara.

Tren Instagram 2024

· Fashion dan Kecantikan

Sentuhan inovasi pada narasi audio, yang dapat meningkatkan potensi bercerita di Reels.

· Stiker untuk Reels dan Stories

Kreator kini dapat menambahkan sentuhan unik pada Reels dan Stories dengan menambahkan stiker yang dapat mereka personalisasikan dari foto apapun.

· Pembaruan Audio untuk Pengalaman Reels yang Lebih Imersif

Kreator dapat menyisipkan klip dengan audio dari film/acara televisi ke dalam Reels. Fitur ini menyediakan berbagai pilihan audio, dan memungkinkan mereka membuat konten yang lebih imersif.

· Pahami Performa Reels untuk Kreativitas Lebih Baik

Meta memperkenalkan Reels Replays, metrik baru yang dapat memberi insight tentang performa Reels. Hal ini dapat membantu kreator dalam menyusun strategi yang lebih optimal untuk kreasi konten.

Monetisasi Sederhana dan Mudah bagi Para Kreator

· Proses Lebih Sederhana untuk Monetisasi Lebih Mudah.

Kreator dapat mengatur durasi penayangan iklan dan budget yang sesuai dengan kebutuhan. Proses ini menyederhanakan pengalaman kreator beriklan di Meta dandan membuka peluang baru untuk berkembang.

· Gifts Lintas Batas

Gifts kini hadir di Instagram, di mana para followers dan non-followers dapat menunjukkan apresiasi mereka kepada kreator dengan mengirimkan hadiah virtual di Reels kreator favorit mereka. Fitur ini sudah tersedia di berbagai negara, termasuk Indonesia.

· IG Subscriptions untuk Konten Eksklusif dengan Lebih Banyak Peluang

Kreator dapat menawarkan konten eksklusif dan pengalaman khusus, sekaligus memperkuat hubungan dengan audiens mereka. Pembaruan ini membuka peluang bagi kreator memonetisasi konten mereka.

Pengalaman lebih lebih nyaman dengan fitur-fitur keamanan yang diperbarui.

· Deteksi Spam Secara Otomatis dan Cepat

Akun yang dicurigai sebagai spam atau bot akan masuk ke kotak “Potential Spam” dan pengguna dapat meninjau apakah akun tersebut tergolong spam atau bukan. Meta juga melakukan pembaruan dengan menyembunyikan Stories pada akun yang dianggap sebagai spam untuk mengurangi interaksi dari akun yang tidak diinginkan.

· Filter Komentar yang Efektif

Meta telah secara proaktif menyembunyikan komentar yang bersifat spam atau melanggar Standar Komunitas melalui fitur Kata yang Disembunyikan. Pengguna juga dapat menyembunyikan komentar yang dianggap spam melalui Filter Komentar yang diperbarui. (Sobri)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button