Edu

Manfaat Teknologi Al dalam Dunia Pendidikan

ZETIZENS.ID – Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga saat ini. Bahkan, studi kasus AI dan manfaatnya sudah berkembang hingga ke bidang pendidikan.

Berikut beberapa Manfaat Teknologi Al :

1. Materi Pembelajaran Bisa Lebih Mudah
Dipahami

Peran AI pertama yaitu bisa membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran lebih mudah. Salah satu contohnya yaitu Presentation Translator atau Penerjemah Presentasi yang berguna untuk menjelaskan maupun memperlihatkan sebuah terjemahan teks dari satu bahasa ke bahasa lain, sesuai kebutuhan.

Keberadaan teknologi ini, tentunya akan sangat memudahkan siswa untuk mengerti bahan referensi digital tanpa harus membaca atau menerjemahkannya satu persatu.

Apalagi untuk sekolah internasional, yang mana sebagian besar pembelajarannya menggunakan Bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, keberadaan AI seperti Chat GPT juga bisa memberikan penjelasan tentang konsep-konsep yang sulit, dengan bahasa yang mudah Anda mengerti.

Sehingga, bisa memberikan pemahaman yang lebih baik untuk siswa tentang suatu materi pembelajaran yang belum mereka mengerti.

2. Lebih Adaptif

Pembelajaran adaptif adalah teknik pembelajaran yang menggunakan data untuk menyesuaikan pengalaman belajar bagi setiap siswa.

Dengan bantuan teknologi AI, data tentang cara belajar siswa dikumpulkan dan digunakan untuk merekomendasikan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

3. Penilaian Otomatis

Secara tradisional, penilaian tugas atau ujian yang dilakukan secara manual merupakan proses yang memakan waktu, serta rentan terhadap bias dan human error. Namun, dengan munculnya sistem penilaian otomatis yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI), guru tidak perlu menghabiskan waktu untuk memeriksa hasil pekerjaan siswa.

AI dapat mengevaluasi jawaban siswa secara cepat dan memberikan umpan balik dengan instan.

4. Membantu Mengurangi Pekerjaan Administratif Guru

Selain mengajar peserta didik, guru maupun pengajar juga harus melakukan berbagai tugas administratif seperti menilai ujian maupun melakukan pencatatan kumpulan skor untuk mendapatkan nilai akhir.

Nantinya, AI bisa digunakan untuk melakukan hal administratif tersebut guna meringankan pekerjaan pengajar sehari-hari.

Meski demikian, pengecekan lebih lanjut yang dilakukan oleh manusia masih dibutuhkan untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam proses penilaian tugas.

5. Efisiensi dalam Pembuatan Konten

AI dapat memproduksi dan memperbarui konten pendidikan dengan cepat, sehingga membebaskan para pendidik dari tugas-tugas yang melelahkan.

Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memastikan bahwa konten tetap terkini dan relevan.

Di dunia yang terus berkembang, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Kecerdasan Buatan (AI) telah muncul sebagai alat yang populer di lanskap pendidikan, menjanjikan era baru efisiensi, kreativitas, dan dukungan dalam pengajaran dan pembelajaran yang belum pernah ada sebelumnya. (Elin)

Tulisan Terkait

Back to top button