Life Style

Minum Air Rebusan Serai Setiap Hari, Ini Manfaat Luar Biasanya

ZETIZENS.ID – Sering digunakan sebagai bumbu masakan dan memiliki bau yang khas, ternyata serai atau yang kerap disebut sereh memiliki manfaat luar biasa jika diolah menjadi air rebusan yang diminum setiap hari.

Beberapa penelitian menunjukkan, serai adalah sumber yang kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik. Senyawa-senyawa ini juga menjadi agen antibakteri dan antijamur yang efektif yang mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan serai adalah dengan merebusnya dan kemudian mengkonsumsinya setiap hari.

Berikut adalah manfaatnya:

1. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Serai kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum rebusan serai secara teratur dapat membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.

2. Pengurangan Stres dan Ansietas

Aroma harum dari serai dapat memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Minum air rebusan serai dapat membantu mengurangi stres dan ansietas, memberikan rasa ketenangan yang lebih baik.

3. Pemeliharaan Kesehatan Saluran Pencernaan

Serai memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Minum air rebusan serai dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Penurunan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa serai dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu dalam penurunan berat badan. Jadi, minum air rebusan serai dapat menjadi asupan yang baik untuk program penurunan berat badan Anda.

5. Pemeliharaan Kesehatan Jantung

Senyawa dalam serai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Dengan mengonsumsi rebusan serai secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Sifat Antiinflamasi

Serai mengandung senyawa dengan sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis yang terkait dengan peradangan.

7. Menjaga Kesehatan Mulut

Berkumur dengan air serai yang telah dimasak dapat membantu menjaga kebersihan mulut dan kesehatan gigi. Sebuah penelitian yang mendukung hasil ini diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry.

8. Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

Menurut temuan penelitian tahun 2015, mengonsumsi air rebusan serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan jumlah sel darah merah tubuh, volume sel yang dikemas, dan konsentrasi hemoglobin.

Minum air rebusan serai setiap hari bukan hanya menyegarkan, tetapi juga dapat menjadi kebiasaan yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Jangan ragu untuk menambahkan rutinitas meminum rebusan serai untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit setiap hari. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button