Edu

Visit Edukasi Kunjungi SMKN 1 Tunjung Teja, Bahas Investasi Saham dan Keuangan

ZETIZENS.ID – Pada Selasa (10/9/2024), tim Bisnisbanten.com menjadikan SMKN 1 Tunjung Teja sebagai tujuan kunjungan Education Visit ke-31.

Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB di Ruang Pertemuan sekolah dengan kelas 12 dari berbagai jurusan yang ada di sekolah ini menjadi pesertanya.

Sama seperti kunjungan ke sekolah lainnya, Education Visit di sini bertujuan untuk memberikan pencerdasan kepada siswa SMKN 1 Tunjung Teja terkait investasi saham dan keuangan oleh Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Banten.

Para siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, bahkan sebelum materi inti diberikan, mereka juga antusias mendengarkan sambutan dari Indrawan Fardiansyah, M.Pd. selalu Wakasek Hubin/humas yang mewakili kepala sekolah di sini

Beliau berterima kasih karena telah menjadikan sekolah ini salah satu tempat yang dapat kunjungi.

“Saya berterima kasih karena siswa dan siswi SMKN 1 Tunjung Teja diberi kesempatan mendapatkan edukasi terkait literasi keuangan,” ujar Indrawan

Selain itu, beliau juga berpesan agar siswa dan siswi dapat menyimak materi dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari dengan baik, terutama cara mengelola keuangan.

“Literasi yang kita tahu mungkin hanya baca dan tulis, namun literasi banyak jenisnya. Dan yang akan dibahas oleh temen-temen dari Bisnis Banten ini adalah literasi keuangan. Jadi, kecerdasan atau kepandaian kita dalam memanage keuangan,” tambahnya.

Dengan demikian, Indrawan berharap, siswa dan siswinya dapat memahami dan menerapkan literasi keuangan setelah diberikannya pencerdasan mengenai Investasi Saham dan Keuangan ini.

Mengenai Investasi Saham dan Keuangan, Mia Lastriana perwakilan dari Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Banten memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. Ia menjelaskan dengan terlebih dahulu memberikan contoh konsep uang menurut waktu atau disebut dengan inflasi, semakin hari dengan nominal yang sama namun nilai uang tersebut akan semakin menurun.

Investasi merupakan salah satu jawaban bagaimana mengatasi inflasi tersebut, sebuah proses untuk mengelola aset/harta agar tidak habis begitu saja dan mendapat hasil di kemudian hari.

Banyak jenis investasi yang dapat dilakukan, berdasarkan sektornya, investasi terbagi menjadi sektor keuangan dan sektor non keuangan. Salah satu contoh investasi sektor keuangan adalah saham.

Selain itu, bersama dengan Mia Lastriana juga ada Irfan sebagai perwakilan dan NH Konindo yang memperkuat penjelasan dengan menjelaskan bagaimana kita bisa melakukan jual beli saham.

Ia menjelaskan kegiatan jual beli saham dengan aplikasi Naik Mobile yang tersedia di PlayStore maupun AppStore, ia menjelaskan bahwa setiap perusahaan dengan imbuhan TBK bisa memberi kesempatan kita melakukan jual beli saham di perusahaan tersebut.

“Cara jual beli saham itu mudah, namun yang sulit adalah menentukan perusahaan yang baik. Kita harus hati hati dalam memilih perusahaan,” pesannya.

Hal tersebut menjadi pengingat kita untuk tetap berhati hati ketika akan memilih perusahaan untuk kita jadikan tempat kita investasi.

Dengan demikian, investasi menjadi salah satu jawaban bagaimana kita bisa mengatur keuangan kita agar tidak habis begitu saja, kita menabung namun tetap mendapatkan hasil. (Salis)

Tulisan Terkait

Back to top button