Kuliner

Makanan Khas Tangerang Cocok untuk Oleh-oleh, Dodol Cilenggang Nih

ZETIZENS.ID – Setiap daerah pastinya memiliki beragam kuliner khas masing-masing. Seperti halnya di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Walaupun di Tangerang Selatan atau Tangsel belum sebanyak makanan khas yang dikenal di Indonesia. Rupanya, Tangsel juga memiliki kuliner khas yang keberadaannya sudah dikenal dan populer di berbagai daerah.

Adapun kuliner satu ini bernama Dodol Cilenggang. Dodol ini sering dijadikan sebagai makanan atau cemilan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi pelancong atau perantau yang tinggal di Tangerang Selatan saat mudik atau liburan.

Dodol Cilenggang merupakan makanan khas Betawi yang sudah turun temurun kehadirannya sejak tahun 1995. Dodol Cilenggang terbuat dari bahan utama beras ketan dengan campuran gula Jawa.

Biasanya, dodol dikemas dengan ukuran kecil-kecil dan langsung disantap. Beda halnya dengan Dodol Cilenggang, untuk menikmati dodol ini harus memotongnya terlebih dahulu karena ukuran dari Dodol Cilenggang cukup besar dan panjang.

Rasanya yang manis dan gurih makin nikmat jika Dodol ditemani dengan secangkir teh maupun kopi. Cemilan atau makanan ini cocok juga disuguhkan saat berkumpul dengan keluarga agar semakin hangat dan harmonis.

Selain rasanya yang enak dan untuk mengganjal perut, Dodol Cilenggang rupanya mampu bertahan selama dua Minggu hingga satu bulan setelah produksi. Jadi, bagi yang suka dengan dodol bisa banget stock banyak nih.

Bagi yang belum pernah merasakan cita rasa Dodol Cilenggang ini, bisa mengunjungi tokonya yang ada di Jalan Cilenggang RT 1 RW 004/02, Cilenggang, Tangerang Selatan. Untuk harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 10.000. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button