Life Style

Joyland Festival Jakarta Menuntaskan Edisi Terbesar dengan Membahagiakan

ZETIZENS.ID – Seminggu telah berlalu sejak bergaungnya kord-kord terakhir dari lagu klasik “Slow Hands” milik Interpol di atas GBK Baseball Stadium Jakarta menandakan berakhirnya Joyland Festival Jakarta 2023 dengan membahagiakan, namun testimoni positif dari para penampil, media maupun penonton masih terus berdatangan untuk program andalan promotor Plainsong Live tersebut.

Sebanyak 35,000 hadirin secara keseluruhan berkumpul dari 24 hingga 26 November untuk berpartisipasi dalam edisi Joyland Festival Jakarta terbesar sejauh ini, yang disebut oleh The Jakarta Post sebagai “salah satu festival kecintaan di Indonesia berkat daya tarik internasionalnya, pengisi acara berkualitas serta suasana yang ramah keluarga.”

Suasana ramah keluarga tersebut mendapat perhatian lebih kali ini, dengan diperluasnya area White Peacock sehingga mencakupi taman bermain dan lebih banyak kegiatan yang dapat dikerjakan orang tua bersama anak, termasuk lokakarya pembuatan musik arahan Endah n Rhesa.

Sementara itu, panggung Shrooms Garden yang dikurasi dan dipandu oleh Soleh Solihun memberi peluang bagi komika-komika yang tampil di festival kali ini – termasuk Bene Dion, Hifdzi Khoir dan Gilang Bhaskara – untuk menggapai penggemar baru.

Selain itu, area outdoor cinema Cinerillaz menayangkan film-film pendek hasil kurasi Palari Films, termasuk Basri & Salma dalam Komedi yang Terus Berputar yang telah meraih penghargaan dari berbagai festival film internasional.

Para pengunjung festival pun dibuat semakin nyaman dengan hadirnya Joyland Village yang menyediakan beraneka ragam makanan, minuman dan barang belanjaan.

Tentu saja, tak ketinggalan juga penampilan-penampilan musik yang berlangsung di Joyland Stage dan
Plainsong Live Stage yang berdampingan, serta di Lily Pad Stage yang lebih intim.

Panggung-panggung ini menghadirkan perpaduan yang eklektik antara artis-artis lawas dan baru dari seluruh dunia, yakni Interpol, Fleet Foxes, d4vd dan eaJ dari Amerika Serikat; Alvvays dan Homeshake dari Kanada; Bloc Party, Squid dan Kamaal Williams dari Inggris; Mew dari Denmark; Last Dinosaurs, Mildlife dan Glass Beams dari Australia; Wednesday Campanella, Luby Sparks dan Otoboke Beaver dari Jepang; Benny Sings dari Belanda; The Beths dan Fazerdaze dari Selandia Baru; serta kuartet artis Asia Tenggara pilihan Whiteboard
Journal yang tampil di Lily Pad Stage, yakni Bayangan dari Malaysia; Yonlapa dari Thailand; serta CURB dan Sobs dari Singapura.

“Terima kasih Joyland karena sudah mengundang saya, ini sungguh sebuah berkah,” kata eaJ, yang saat tampil banyak menghabiskan waktu bersama penggemarnya di barisan depan.

Menurut Accorinrin dari Otoboke Beaver yang memukau sekaligus menghibur lewat penampilan mereka. “Penonton di luar sana sungguh gila! Kami benar-benar bisa merasakan energi hebat yang kalian punya!”

Banyak dari energi hebat itu juga ditujukan kepada para artis Indonesia yang tak kalah dalam hal menarik perhatian dan apresiasi penonton.

Mereka mencakupi nama-nama yang kembali hadir di Joyland seperti The Adams, Maliq & D’Essentials, White Shoes & The Couples Company, Ali, Grrrl Gang, Reality Club, Lomba Sihir dan BAP.; artis-artis yang masih produktif seperti Mocca, Sore, The Brandals, David Bayu, Rock n Roll Mafia, Santamonica, L’Alphalpha, The Panturas, Jevin Julian, Avhath dan Gabber Modus
Operandi; serta wajah-wajah baru seperti Kurosuke, Thee Marloes, Dongker, Leipzig, Bernadya, Lair dan White Chorus.

“Joyland salah satu festival yang kami suka datangi dan akhirnya bisa main di sini,” kata Clara Friska Adinda dari White Chorus yang menjadi salah satu pertunjukan paling menonjol di festival kali ini.

Secara keseluruhan, Joyland Festival Jakarta 2023 sukses besar berkat semua yang terlibat, baik yang di atas panggung, di balik layar maupun di barisan penonton.

“Terima kasih kepada semua artis yang bekerja begitu keras untuk mempersiapkan penampilannya. Kami sangat bangga bisa menyediakan panggung bagi artis-artis ini dan kami berharap Anda pulang dengan menemukan band baru favorit. Terima kasih kepada ratusan kru, staf, pedagang, partner dan semua pihak yang berperan dalam mengadakan festival ini setiap
tahunnya,” kata Ferry Dermawan, Direktur Program Joyland Festival.

“Dan yang paling penting, terima kasih
kepada KALIAN. Kalian adalah penonton terhebat yang dapat diharapkan oleh sebuah festival dan kami bukan apa-apa tanpa kalian.”

Bagi yang masih mau lagi, tiket untuk Joyland Festival Bali pada 1-3 Maret 2024 yang akan menampilkan Kings of Convenience serta masih banyak artis yang akan segera diumumkan sudah dijual di joylandfest.com. (Sobri)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button