Kuliner

Milop Dessert, Kuliner Kekinian Asal Hongkong

ZETIZENS.ID – Media sosial Tiktok memang sering melahirkan tren terbaru mulai dari kuliner, fashion, kehidupan dan lainnya. Yang paling sering, di Tiktok sering muncul kuliner dari berbagi negara yang diadopsi di Indonesia.

Tren makanan di TikTok memang datang silih berganti, seperti tren dessert yang belakangan tengah banyak dilirik orang yaitu Ximilu.

Salah satu kuliner yang kini sedang viral yaitu ximilu dessert yang memiliki aneka toping.

Rupanya, dessert satu ini sudah ada dan populer di Indonesia beberapa tahun lalu. Perlu diketahui, Ximilu atau Sao Mai Lo merupakan makanan penutup khas Kanton, menggunakan bahan dasar sagu dengan santan manis.

Bentuk dessert ini mirip seperti es buah dan sangat digemari di Guangzhou sampai Hong Kong. Untuk bahannya
menggunakan sagu hingga bola-bola boba seperti di milk tea, Ximilu di Hong Kong sering dicampur dengan buah-buahan segar seperti mangga, jeruk hingga stroberi.

Masuk ke negara Indonesia, tentunya Ximilu mengalami beberapa perubahan untuk menyesuaikan selera orang Indonesia.

Salah satu yang paling mencolok adalah Ximilu di Indonesia hadir lebih meriah dengan aneka topping mulai dari jelly dan agar aneka rasa, sarang burung wallet, sereal, wafer hingga bola-bola cokelat.

Sejak kemunculannya, Ximilu sering muncul dan diserbu warga. Terlebih setelah sering diunggah salah satu owner Ximilu bernama Milop Dessert di kawasan Gading Serpong dimana sang owner rajin mengunggah video ketika ia menyiapkan Ximilu untuk para pembelinya.

Dari unggahan yang dibagikan sang owner, rupanya sukses membuat banyak orang penasaran dan ngiler ingin mencicipi Ximilu. Dessert ini dikenai harga dengan kisaran Rp 50.000 seporsi.

Ximilu buatan Milop Dessert memiliki pilihan lebih dari 20 topping yang bisa dipesan sesuai selera. Dari video-video Milop Dessert, muncul banyak video lainnya yang memparodikan video pembuatan Ximilu di rumah. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button