Kuliner

Leumeung, Kuliner Khas Banten untuk Oleh-oleh

ZETIZENS.ID – Bagi yang sedang berlibur ke Banten bagian Selatan alias Lebak, rasanya tak pas jika pulang tak membawa oleh-oleh khas Lebak yang memiliki keanekaragaman dan cita rasa khas.

Makanan ini bernama leumeung, makanan khas di Malimping yang dapat menjadi pilihan untuk oleh-oleh bagi para wisatawan maupun warga lokal.

Lemeung merupakan makanan tradisional khas Banten, yang kehadirannya memang jarang ditemukan di berbagai daerah. Namun, jika sedang berada di Malimping bisa menemukan makanan ini untuk disantap langsung atau dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Makanan ini terbuat dari campuran beras ketan yang berbumbu santan kelapa yang kental. Beras ketan dan santan kelapa ini nantinya dicampur dan dimasukan ke dalam bilah-bilah bambu dilapisi daun pisang untuk dibakar hingga leumeung matang dan siap disajikan.

Wangi khas dari daun pisang yang melapisi leumeung sebagai wadah bambu, membuat kuliner satu ini memiliki aroma yang khas dan menjadi daya tarik untuk segera mencicipi kuliner ini karena memiliki citarasa yang enak, gurih, nikmat dan wangi tentunya mengenyangkan.

Kuliner leumeung memang paling pas disantap saat dalam keadaan masih hangat. Biasanya, warga Banten menyantap kuliner ini dengan tambahan telur asin sebagai pendamping.

Bagi yang ingin menemukan kuliner satu ini, dapat berkunjung di pasar tradisional Malimping. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button