Seleb

RAN Merilis “Rahasia #1” dan “Rahasia #2”

Awalan Buat Perkenalan Album Penuh Keenam yang akan Segera Rilis dalam Waktu Dekat

ZETIZENS.ID – Grup musik trio RAN merilis ini double single terbarunya yang telah dapat dinikmati di berbagai platform musik digital favorit.

Tidak terasa, RAN sudah absen 8 tahun merilis album penuh dalam interval waktu tersebut. Pedal gas yang diinjak oleh Rayi, Asta dan Nino, sama sekali tidak melemah, malah menguat. Double single menjadi awal pembuka menuju album mereka mendatang.

Merilis double single yang bercerita tentang cinta segitiga. Pada lagu “Rahasia #1”berkisah tentang rasa nyaman mencintai pasangan meskipun hubungan ini adalah hubungan rahasia.

Sedangkan pada “Rahasia #2” Bercerita tentang perspektif lain dari pasangan rahasianya, bahwa terdapat keresahan dalam menjalani hubungan rahasia yang tak tau akan seperti apa akhirnya.

Album penuh pertama RAN dalam delapan tahun terakhir, akan segera datang. Double single Rahasia #1 dan Rahasia #2 jadi pengawal ceritanya.

Tidak terasa, RAN sudah absen merilis album penuh dalam interval waktu tersebut. Pedal gas yang diinjak oleh Rayi, Asta dan Nino, sama sekali tidak melemah, malah menguat.

Mereka tetap jadi salah satu band paling sibuk di Indonesia. Tapi, tetap ada ruang kosong yang ditinggalkan karena fokus pada urusan manggung; merilis karya.
Inisiatif kolektif kemudian membuat mereka menginjak rem, kembali melakukan workshop dan menulis lagu bersama.

“Emang kita bertiga sudah merasa terlalu lama nggak ngeluarin album. Kita udah pernah coba bikin single-single, tapi itu kayak bukan DNAnya RAN,” kata Rayi mengawali perbincangan.

Sekadar catatan, dalam interval delapan tahun absen bikin album baru tersebut, RAN tetap memproduksi beberapa single lepasan.

“Awalnya tadi kita pikir dengan perkembangan zaman dan cara orang untuk merilis lagu, single-single aja itu udah cukup untuk memperpanjang napas. Tapi untuk kali ini, kita nggak ingin sekadar memperpanjang napas, kita pengen membuat sesuatu yang bener-bener baru. Bikin single aja itu rasanya kayak extended version dari apa yang orang lihat dari kita. Kalau bikin album kayak terlahir kembali dengan konsep yang benar-benar baru,” timpal Nino.

Kesepahaman itu, kemudian mengantarkan tiga orang personil RAN untuk fokus mengerjakan album penuh keenam mereka. Album itu akan dirilis pada 23 Oktober 2024 dan berjudul Teater Nestapa.

Pada 4 September 2024, publik bisa mulai mendengarkan double single bertajuk Rahasia #1 dan Rahasia #2 yang diambil dari album tersebut.

“Seperti judulnya, double single ini ceritanya tentang rahasia, tentang ketika kita dihadapkan pada situasi dalam kisah segitiga,” lanjut Nino.

“Cinta tuh nggak sesederhana saling menyayangi satu sama lain. Apalagi kalau hubungannya sudah lama. Ada banyak konflik batin yang terjadi di dalam diri sendiri. Kayak kita punya kekaguman sama orang lain, penasaran sama dia. Nah, Rahasia #1 cerita tentang orang yang tergoda untuk punya hubungan dengan orang lain, sementara Rahasia #2 dari perspektif sebaliknya.

‘Masa gue cuma jadi orang yang jadi rahasia untuk pasangannya sih?’” cerita Rayi.

Tema-tema cinta yang tidak biasa ini, kemudian menjadi benang merah yang coba dihadirkan RAN di album baru mereka.

Nino menjelaskan lagi, “Di album baru ini konsepnya lumayan unik. Dulu orang tahunya RAN grup musik yang warna-warni dan ceria. Sekarang kita bikin album yang judulnya Teater Nestapa, sesuatu yang kebalikan apa yang mereka tahu tentang RAN.”

Untuk memastikan isinya, tentu kita harus menunggu album barunya datang secara utuh. Rahasia #1 dan Rahasia #2 adalah teaser yang cukup terang benderang untuk menjelaskan sisi berikutnya dari pengkaryaan RAN di industri musik Indonesia.

Selamat mendengarkan. Selamat menunggu Teater Nestapa dirilis secara utuh beberapa pekan lagi! (Sobri)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button