Life Style

Temu, Apakah Aplikasi Ini Bisa Jadi Pengganti Tiktokshop?

ZETIZENS.ID – Beberapa waktu lalu para pelaku UMKM yang resah akan Tiktokshop dan pemerintah menanggapi dengan menutupnya kini ada aplikasi terbaru muncul. Platform e-commerce ini mirip dengan Tiktokshop.

Platfrom ini bernama Temu ini ramai dibicarakan masyarakat. Kemunculannya ini menimbulkan pro dan kontra bagi para pelaku UMKM hingga masyarakat.

Platfrom Temu merupakan aplikasi yang berasal dari perusahaan asal China PDD Holdings. Meskipun berasal dari China, namun kantor pusat Temu berada di Boston, Amerika Serikat (AS).

Aplikasi ini menjual berbagai barang seperti yang ditemukan di e-commerce lokal seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Hal yang menarik, aplikasi Temu menggunakan bahasa Inggris.

Aplikasi ini telah hadir di App Store bagi pengguna iOS dan tersedia di Play Store bagi pengguna Android. Di Play Store dan App Store, Temu menduduki peringkat satu

Walaupun kemunculannya baru dirilis pada bulan September 2023 lalu, teknologi platform aplikasi e-commerce Pinduodo ini telah sukses tersebar di luar China bahkan sudah mendominasi di beberapa negara seperti di Australia, Perancis, Italia, Inggris, Jerman, Selandia Baru, Belanda dan Spanyol.

Tak hanya di pasar Eropa, Aplikasi Temu juga sudah masuk ke Asia dan dalam waktu yang singkat, Aplikasi ini berhasil menarik banyak pengguna.

Walau demikian, di Indonesia sendiri masih belum tersedia karena pemerintah mengkhawatirkan dampak ke depannya bagi pelaku usaha yang ada di Indonesia. (Ismi)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button