Viral

Blak-blakan! Guru Ini Viral Saat Ungkapkan Pacaran di Usia Remaja Pilihan Buruk yang Merusak Mental

ZETIZENS.ID – Baru-baru ini viral di media sosial seorang guru wanita SMKN 1 Dawuan yang pidato membahas tentang pacaran merupakan pilihan buruk yang menggnggy pendidikan.

Guru SMKN 1 Dawuan, Subang, Jawa Barat, itu bernama Hj. R. Eris Garini, S.Pd., M.I.Kom. Guru tersebut menjelaskan tentang kondisi mental anak-anak yang tidak berpacaran semasa sekolah justru akan lebih sehat dari pada mereka yang sudah lebih dulu mengenal cinta dan berpacaran.

Eris menerangkan dengan tegas dan retorika yang lantang. “Anak-anak yang memilih secara sadar untuk tidak berpacaran di usia sekolah, mentalnya lebih sehat. Lihat kalian. Teman-temanmu yang pacaran bawaannya ngeluh aja, curhat aja, gandeng (berisik). Betul tidak? Mental kalian akan lebih sehat nak karena nggak banyak tuh yang namanya ke distract selalu aja dipikirin. Masalah ini, begini. Buang-buang waktu,” ungkap Hj. R. Eris Garini, S.Pd., M.I.Kom, mengutip video TikTok @officialsmkn1dawuan.

Hj. R.Eris Garini juga menyampaikan bahwa masa remaja seharusnya dihabiskan dengan belajar banyak hal baru seperri mengasah skill dan kemandirian.

Anak remaja seharusnya bisa belajar menentukan keputusan sendiri. Menentukan mana hal yang baik dan mana yang tidak baik untuk dilakukan demi masa depan. Ia juga menjelaskan fakta dilapangan bahwa remaja yang lebih dulu mengenal cinta banyak yang pada akhirnya ingin menikah muda.

Padahal menurutnya rumah tangga bukan hanya soal cinta dan cinta tidak selalu bisa menyelesaikan masalah.

“Tubuh fisikmu, tubuh mentalmu, tubuh emosimu belum siap untuk menjalankan rumah tangga. Kau pikir yang namanya cinta itu cukup untuk rumah tangga? Nggak. Cinta tidak selalu bisa menyelesaikan semua masalahmu. malah pengen nikah muda, kau pikir nikah muda gampang? Setiap hari cinta-cintaan? Tidak,” kata guru tersebut.

Video cuplikan ceramah guru tersebut yang diketahui saat sedang jadi pembina upacara itu pun viral di media sosial dan banyak mendapatkan dukungan. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button