Edu

Penarikan dan Perpisahan Kelompok 02 PLP Integratif Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten di MAN 2 Kota Serang

ZETIZENS.ID – Masih dalam serangkaian kegiatan PLP Integratif, penarikan Program Pengenalan Lembaga Pendidikan (PLP) integratif di Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten dilaksanakan pada Jumat, 11 Oktober 2024.

Ini sekaligus perpisahan mahasiswa PLP Kelompok 2 terhadap lembaga yakni MAN 02 Kota Serang.

Bentuk program kegiatan PLP ini diintegrasikan dengan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Nah berikut pola pelaksaan program pengenalan lembaga pendidikan integratif (PLP Integratif)
Terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu,:

1. Kegiatan Praktik Keguruan sebagai kegiatan yang mentransformasikan pemberian pengalaman praktik pembelajaran untuk siswa di sekolah sesusai dengan program studi yang sudah ditentukan, Program Studi PAI, PBA, dan TBI yang dipersiapkan untuk menjadi calon tenaga pendidik dan PLP untuk mahasiswa Program Studi MPI yang dipersiapkan calon tenaga kependidikan.

2. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sekolah, dalam hal ini bentuk pengabdiannya ditujukan pada masyarakat yang berada di lembaga pendidikan (madrasah/sekolah) sebagai bentuk pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk program PLP Integratif tersebut sudah ditentukan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Program ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang sudah menempuh semester 7 dan sudah
memenuhi minimal 110 SKS serta sudah mengambil mata kuliah microteaching dengan akhir tujuan mendapat gelar sarjana strata satu di bidang pendidikan (S. Pd.).

H. Irfan Salim, LC, M. A selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menitipkan mahasiswa bimbingannya kepada stakeholder MAN 02 Kota Serang agar terus diberi arahan sampai mampu membekali dirinya untuk menjadi pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas.

“Apabila berbicara nasab memang antara MAN 2 Kota Serang dan Universitas Islam Negeri sultan Maulana Hasanuddin Banten ini memiliki keterikatan, sehingga kami berharap kerjasama yang sudah terjalin bisa lebih dipererat dan ditingkatkan. Bukan hanya melalui program kerja sama PLP integratif ini tetapi melalui berbagai program-program kolaborasi yang lain, yang tentunya bisa memberikan dampak positif bagi kedua institusi. Saya juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan UIN SMH Banten untuk menggandeng kami dalam program PLP integratif dan mengucapkan permohonan maaf apabila selama kegiatan ini berlangsung kami kurang maksimal dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada praktikan mahasiswa/i PLP integratif UIN SMH Banten. Sebagai kepala madrasah saya juga menitipkan pesan kepada para praktikan mahasiswa/i PLP integratif UIN SMH Banten untuk senantiasa terus berjuang dan belajar, karena sesungguhnya ilmu itu terus berkembang,” ujar Udin Ali Abas, S.Ag.,M.A selaku Kepala MAN 2 Kota Serang.

“Terima Kasih MAN 02 Kota Serang sudah memberi kesempatan kepada mahasiswa UIN SMH Banten untuk melaksanakan Kegiatan PLP Integratif. Semoga mahasiswapun dapat memberikan atensi yang baik pada MAN 2 Kota Serang,” ujar Wandi Ruswandi, Ketua Kelompok 02 PLP Integratif UIN SMH Banten tahun 2024. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button