Viral

Raffi Ahmad Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Netizen Pertanyakan Kredibilitas Kampusnya

ZETIZENS.ID – Baru-baru ini artis Raffi Ahmad tengah menjadi sorotan usai mengumumkan dirinya mendapatkan gelar doktor honoris caussa dari kampus Universal Institute of Professional Management (UIPM), yang berbasis di Thailand.

Namun kredibilitas institusi pendidikan yang memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Raffi Ahmad kini tengah dipertanyakan oleh publik hingga ramai dikuliti netizen X.

Raffi Ahmad dalam unggahannya menyebut dirinya meraih gelar tersebut karena telah berperan aktif dalam mengembangkan dunia digital di bidang kreatif.

“Merupakan suatu kehormatan serta kebanggaan bagi saya menerima gelar kehormatan di bidang ‘Event Management and Global Digital Development’ atas kontribusi saya selama puluhan tahun dalam pengembangan industri hiburan konvensional, offline, serta digital di Indonesia,” tulis Raffi Ahmad.

Namun siapa sangka jika ternyata ada salah satu warganet dengan akun @duc_of_now**** yang sangat niat untuk memeriksa langsung apakah universitas ini benar adanya.

Sebab diduga kampus ini tidak terdaftar dalam berbagai pemeringkatan universitas ternama, seperti QS World University Rankings, Financial Times, hingga Webometrics.

“Raffi katanya dapat Dr. (H.C.), tapi pas buka ranking di QS, Financial Times, THE, Webometrics, kampusnya tidak ada,” tulis akun tersebut.

Awal mula kredibilitas kampus pemberi gelar tersebut pada Raffi Ahmad dipertanyakan karena banyak kejanggalan, termasuk pertanyaan bagaimana bisa Raffi Ahmad mendapatkan gelar doktor semudah itu. Mengingat Raffi Ahmad memiliki riwayat pendidikan yang hanya tamatan SMA.

“Miris, cuma lulusan SMA, nggak jelas expert di mana, kontribusi juga nggak ada, nggak ada ilmu yang pernah dipublikasikan atau dipraktikkan. Yang S3 asli rasanya nyesek,” tulis netizen. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button