Edu

Honda Banten Ajak Mahasiswa Untirta “Slow Down, Life Up”

ZETIZENS.ID – Untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya keselamatan berkendara di kalangan generasi muda, Honda Banten kembali mengadakan seminar edukasi safety riding dengan tema “Slow Down, Life Up”.

Bekerja sama dengan Jasa Raharja cabang Banten, kegiatan ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang antusias mendalami materi keselamatan berkendara pada Senin, 30 September 2024.

Tema “Slow Down, Life Up” diangkat sebagai respons terhadap data berdasarkan riset internal AHM yang menunjukkan bahwa kecepatan tinggi menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas, khususnya di kalangan anak muda.

Seminar ini bertujuan untuk mengajak para peserta lebih peduli dan peka terhadap bahaya berkendara dengan kecepatan tinggi.

Pesan yang disampaikan sangat jelas: semakin tinggi kecepatan, semakin besar risiko kecelakaan di jalan.

Dalam pemaparan materi, Opan Sopandi, Instruktur Safety Riding PT Mitra Sendang Kemakmuran, menyatakan bahwa keselamatan berkendara adalah salah satu fokus utama dalam setiap aktivitas.

“Sebagai generasi #cari_aman, kita perlu menyadari bahwa keselamatan berkendara bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain di jalan. Kecepatan tinggi berbanding lurus dengan tingginya risiko kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk memperlambat laju kendaraan dan mengutamakan keselamatan,” ujarnya.

Selain membahas risiko kecepatan, diskusi dalam seminar juga menyoroti pentingnya penyusunan rencana perjalanan sebelum berkendara.

Peserta diajak untuk memahami bahwa terburu-buru menuju tempat tujuan dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Dengan menyusun rencana perjalanan yang baik, mereka dapat mengurangi tekanan dan potensi bahaya di jalan.

Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menunjukkan antusiasme tinggi selama acara berlangsung, terutama pada sesi tanya jawab, di mana banyak yang bertanya tentang cara menghindari situasi berbahaya di jalan dan bagaimana teknik berkendara yang aman saat menghadapi situasi mendesak.

Dengan diselenggarakannya seminar ini, Honda Banten berharap para mahasiswa dapat menjadi generasi #cari_aman, menyebarkan pentingnya berkendara dengan aman dan bertanggung jawab. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button