Highlight

PLN Gencar Sosialisasi Keuntungan dan Manfaat Electrifying Agriculture

ZETIZENS.ID – Memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten makin gencar mensosialisasikan keuntungan dan manfaat program Electrifying Agriculture, khususnya guna mendorong penggunaan energi listrik dalam sektor pertanian.

Inisiatif ini bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan efisiensi operasional di industri pertanian serta untuk mendorong para pelaku usaha pertanian beralih ke penggunaan listrik sebagai sumber energi utama dalam operasional sehari-hari.

General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin saat berada di lokasi usaha Penggilingan Padi Bina Keluarga milik Somali (45) yang berada di wilayah Kota Serang, mengungkapkan bahwa momentum Hari Pelanggan Nasional adalah waktu yang tepat untuk semakin menggencarkan program Electrifying Agriculture kepada pelaku usaha pertanian di wilayah Banten lantaran program ini merupakan solusi agar usaha mereka bisa lebih efisien dan tentunya ramah lingkungan.

“Kami percaya bahwa penggunaan listrik dapat mendukung keberlanjutan industri pertanian contohnya usaha penggilingan padi milik pak Somali ini yang terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan menekan biaya secara signifikan,” ungkap Andy.

Somali mengungkapkan pengalaman positifnya setelah beralih dari yang awalnya mengandalkan solar, kini menjadi mengandalkan listrik dalam operasional penggilingan padi miliknya.

“Alhamdulillah sejak kami memutuskan untuk menggunakan listrik melalui program Electrifying Agriculture, kami mengalami penghematan biaya hingga 50% dibandingkan sebelumnya saat masih mengandalkan solar. Penggilingan padi ini adalah usaha kami yang ke-3 yang kami rintis dan kini semua mesin disini telah menggunakan listrik,” ungkap Somali sumringah.

Somali menambahkan bahwa beralih ke listrik tidak hanya memberikan keuntungan dari segi biaya namun juga memberikan keuntungan tambahan berupa ketenangan diri hingga kebanggaan tersendiri karena lebih ramah lingkungan.

“Pabrik kami lebih bersih dan bebas dari aroma solar, membuat lingkungan kerja lebih nyaman dan produk kami lebih berkualitas serta ramah lingkungan. Saya juga semakin tenang karena sebelumnya setiap hari saya harus berjibaku mencari solar yang mana itu tidak mudah. Kini sangat tenang karena listrik PLN pasti ada terus, andal, dan pastinya efisien,” tambah Somali.

Secara jujur Somali menyampaikan bahwa ia terinspirasi dari beberapa mentornya di sektor usaha yang sama, dimana sebelumnya telah lebih dulu beralih ke energi listrik.

Banyak sekali manfaat yang didapat, itulah awal mula ia mantap mengimplementasikan program Electrifying Agriculture. Kini ia juga semangat dalam mempengaruhi rekan-rekannya sesama pelaku usaha penggilingan padi untuk mengikuti jejaknya untuk beralih ke listrik PLN.

“Mari beralih ke energi listrik karena terbukti lebih menguntungkan! Urusan energi dan kelistrikan serahkan kepada PLN. Kita fokus saja dalam meningkatkan kapasitas produksi,” tutup Somali. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button