Nusantara

PYCH, Wadah Pengembangan Potensi Pemuda Papua

ZETIZENS.ID – Beberapa hari lalu PYCH trending di Twitter. Ada banyak versi. Salah satunya PYCH yang menjadi wadah yang tepat untuk pengembangan potensi pemuda Papua.

“Pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) memberikan banyak kemajuan bagi kalangan generasi muda setempat. PYCH telah berhasil membangun pemuda Papua,” demkian ditulis salah satu akun Twitter.

Setelah Googling,, keterangan tentang PYCH yakni sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH), 21 Maret 2023.

“Pagi hari ini saya betul-betul merasa sangat bangga, karena permintaan saat itu 23 anak-anak muda Papua yang saya undang ke istana untuk memiliki sebuah ruang untuk pemberdayaan, peningkatan kualitas SDM, hari ini bisa kita lihat bersama di Papua Youth Creative Hub di Jayapura,” tulis portal resmi Sekretariat Kenegaraan RI.

“Tadi saya langsung bisik-bisik ke Pak KaBIN, ini di Indonesia yang pertama di Papua. Saya minta agar juga dibangun di NTT, di Papua Barat, kemudian di Maluku dan Aceh, mulai tahun ini, sehingga selesainya tahun depan. Meniru semua yang ada di sini, ditiru saja sudah, ini sudah sangat bagus sekali,” puji Jokowi.

Ia mengaku kaget bahwa semuanya ada di PYCH ini, dari mulai tadi masuk di pembuatan handphone, pembuatan laptop, kemudian ada podcast, ada studio musik, ada studio untuk fotografi, dan juga memamerkan produk-produk yang ada di tanah Papua dengan kemasan dan packaging, dengan branding yang sangat bagus sekali.

Menurutnya, kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak-anak muda di provinsi yang lain ketinggalan dengan anak-anak muda di Papua.

Ada desainer untuk pakaian-pakaian etnik Papua yang didesain, diberikan warna, sehingga di situ betul-betul diferensiasinya kelihatan sekali.

Ia juga menyingung, Indonesia akan mengalami bonus demografi di tahun kurang lebih nanti 2035, sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif.

Dan, di Papua sendiri akan muncul 2,6 juta atau kurang lebih 60 persen penduduk Papua dan Papua Barat itu adalah anak-anak muda di tahun 2022 kemarin, sehingga ini memerlukan wadah, memerlukan kesempatan kerja, memerlukan peluang kerja. Dan, Jokowi bilang, jangan berpikir semuanya ini pengin jadi PNS.

*Sehingga, saya senang tadi ada yang bergerak di fesyen, ada yang bergerak di musik, ada yang bergerak di fotografi, ada yang bergerak di teknologi platform aplikasi, dan lain-lain. Ini yang sangat bagus, artinya peluang-peluang itu diisi oleh anak-anak muda kita. Ada peternakan, ada perikanan, bahkan tadi kita lihat, Maria tadi yang ternak ayam sudah memiliki dua ribu ayam lebih, dua ribu ayam lebih diternakkan oleh Maria,” paparnya.

Ia menegaskan, pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawa-sentris, tetapi Indonesia-sentris.

Dan, tanah Papua menjadi prioritas dari pembangunan yang dilakukan. Dimulai dari infrastruktur: jalan Trans Papua 3.462 kilometer telah dibangun di tanah Papua, jalan di perbatasan, 1.098 kilometer telah dibangun di tanah Papua, Jembatan Youtefa 1,3 kilometer ada di Jayapura, Bandara Domine Eduard Osok di Sorong juga perbaikan terminal, bandara di Wamena dibangun, Jayawijaya.

Kemudian juga, pembangunan lintas batas di tiga lokasi di Skouw, di Sota, terakhir di Yetetkun, di Boven Digoel. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button