Instagram IKN Dikritik Warganet Soal Brand Guideline, Apa Itu?
ZETIZENS.ID – Baru-baru ini Instagram Ibu Kota Nusantara (IKN) tengah viral jadi sorotan warganet. Salah satu postingan dalam akun IKN ramai dikomentari dan disinggung soal brand guideline.
Brand guideline dikenal sebagai brand style guide, adalah dokumen yang merinci aturan dan panduan tentang cara sebuah merek harus dipresentasikan secara visual dan verbal.
Tujuan dari brand guideline adalah untuk memastikan konsistensi merek di semua platform dan media, sehingga membangun identitas merek yang kuat dan mudah dikenali.
Brand guideline mencakup detail tentang penggunaan logo, seperti variasi warna, ukuran minimum, area yang harus bebas dari elemen lain (clear space), dan contoh penggunaan yang benar serta yang salah.
Ini memastikan logo digunakan secara konsisten dan tidak mengalami distorsi atau penyalahgunaan.
Panduan warna mencakup warna-warna utama dan tambahan yang digunakan oleh merek. Ini termasuk kode warna spesifik (seperti RGB, CMYK, dan HEX) untuk memastikan warna yang konsisten di semua media cetak dan digital.
Tipografi mencakup font utama dan sekunder yang digunakan oleh merek, serta aturan penggunaannya.
Ini termasuk ukuran font, gaya (bold, italic, regular), dan jarak antar huruf serta baris. Konsistensi tipografi membantu memperkuat identitas visual merek.
Brand guideline sering kali mencakup panduan tentang gaya visual yang harus digunakan dalam fotografi dan ilustrasi. Ini bisa mencakup jenis gambar yang boleh digunakan, tone, filter, dan komposisi.
Gaya visual yang konsisten membantu menciptakan identitas merek yang lebih kuat.
Brand guideline juga menyoroti tentang messages yang harus disampaikan dalam komunikasi, mencakup frekuensi posting, jenis konten yang harus dibagikan, dan cara merespons komentar atau pertanyaan dari pengguna.
Konsistensi dalam penggunaan media sosial membantu memperkuat kehadiran merek secara online. (Sarah)