Nusantara

Banten Tumbuh Positif Periode per November 2023, Realisasi Pajak

ZETIZENS.ID – Sampai November 2023, realiasasi kinerja pajak terakselerasi dengan penerimaan pajak terealisasi mencapai 93,74 persen target atau sebesar Rp 63,229 Triliun.

Kinerja penerimaan pajak tumbuh lebih baik apabila dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya growth atau mengalami pertumbuhan sebesar 3,8 persen.

Adapun mayoritas jenis pajak yang dominan mengalami pertumbuhan positif pada periode sampai dengan bulan November tahun 2023 yaitu Sektor Perdagangan Besar dan Sektor Industri Pengolahan sebesar 4,90 persen dan 5,23 persen menjadi dua sektor dengan kontribusi terbesar penerimaan pajak Banten sampai dengan November 2023.

Kontribusi masing-masing sektor tersebut sebesar 19,81 persen dan 19,10 persen.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Banten, Cucu Supriyatna, menyampaikan pertumbuhan penerimaan neto jenis pajak dominan PPN Dalam Negeri, PPh 21 dan PPh Badan mengalami pertumbuhan positif dan penerimaan pajak di Provinsi Banten memberikan kontribusi signifikan bagi APBN.

“Penerimaan pajak sektor dominan Banten dari bulan Januari sampai dengan November 2023 terdapat delapan sektor. Perdagangan Besar dan eceran menjadi tertinggi dengan tumbuh 4,90 persen dan kontribusi sebesar 19,81 persen. Kemudian disusul oleh Industri Pengolahan menempati urutan kedua tertinggi,” ujarnya dalam siaran persnya yang dilakukan secara daring.

Kontribusi penerimaan pajak Kanwil DJP Banten ditopang oleh jenis pajak PPN Dalam Negeri, PPN impor dan PPh 21, masing-masing tumbuh sebesar 32,82 persen, 20,04 persen dan 16,97 persen. Sedangkan jenis pajak PBB masih mengalami penurunan sebesar -14,19 persen, PPh 22 impor, PPN impor dan PPh Final

“Walaupun banyak jenis pajak yang mengalami pertumbuhan negatif secara kumulatif pertumbuhan masih positif di angka 3,82 persen,” tegasnya. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button