Life Style

Tokopedia x TikTok Shop Gandeng Kanky, Jims Honey dan Solvo untuk Promo Guncang 11.11

Tokopedia x TikTok Shop Punya Promo Guncang 11.11 yang berpuncak pada 11 November 2025

ZETIZENS.ID – Meningkatnta pesanan belanja online pada tanggal kembar mencatatkan Indonesia untuk menempati posisi sebagai pasar digital terbesar di Asia Tenggara, dengan potensi ekonomi digital yang bisa menembus US$600 miliar pada 2030.

Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia (TikTok Shop) terbukti sebagai salah satu e-commerce yang ikut menggerakkan ekonomi digital lokal. Dalam promo penjualan di Tokopedia pada angka kembar bulan lalu, beberapa wilayah seperti Papua Barat, Gorontalo, dan Kalimantan Selatan mencatat kenaikan transaksi tertinggi selama periode kampanye. Sementara di TikTok Shop mencatat keberhasilan di sejumlah wilayah Sulawesi Tenggara, Maluku dan Jambi.

Untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital di lebih banyak wilayah di Indonesia, kedua platform ini menghadirkan yang terbaru Promo Guncang 11.11 yang berpuncak pada 11 November 2025.

“Untuk memperkuat kontribusi ekonomi digital, kami rutin menggelar kampanye besar seperti Gajian Sale setiap tanggal 24 atau 25 dan Promo Guncang di tanggal kembar. Inisiatif ini menaikkan jumlah penjual sebesar 46,8 persen dan pesanan rata-rata 45 persen, ” ujar Stephanie Susilo, Senior Director Tokopedia dan TikTok E-commerce Indonesia saat menggelar preskon Promo Guncang 11.11 di Jakarta, Rabu (5/11/2025) lalu.

Stephanie mengaku Tokped dan TikTok Shop telah menjadi rumah bagi banyak penjual untuk berjualan dengan aman di platform yang dikelolanya. “Artinya, makin banyak pelaku usaha yang percaya dalam memanfaatkan Tokopedia dan TikTok Shop untuk #JualanNyaman. Pesanan pun bisa naik rata-rata 45 persen di angka kembar,” katanya lagi.

Strategi Tokopedia x TikTok Shop dalam Promo Guncang 11.11 akan mengajak pembeli untuk semakin nyaman belanja dan terpenting dapat menikmati berbagai benefit yang bisa membuat pengalaman #BelanjaAman makin terjangkau, seperti penawaran Dibayarin Tokopedia Belanja Hingga Ratusan Juta, diskon hingga Rp1,2 juta, voucher 99%, dan flash sale serba Rp11 ribu di Tokopedia, serta diskon s.d. Rp1,1 juta, voucher 50%, dan gratis ongkir sepuasnya di TikTok Shop.

Berdasarkan data, rata-rata peningkatan transaksi sejumlah kategori produk, seperti Makanan dan Minuman serta Elektronik dan Otomotif, berkat Gajian Sale dan Promo Guncang, tercatat masing-masing sebesar 58,4% dan 75.5%.

“Makanan dan minuman adalah produk yang bisa berpengaruh langsung kepada tubuh atau kesehatan, sedangkan Elektronik dan Otomotif merupakan barang yang cenderung tidak murah. Ketika data menunjukkan bahwa dua kategori produk ini mengalami lonjakan transaksi, artinya makin banyak pembeli yang percaya bahwa mereka bisa #BelanjaAman lewat Tokopedia maupun TikTok Shop,” kata Stephanie lagi.

Tak hanya itu Tokopedia x TikTok Shop juga menggandeng brand lokal untuk bisa maju bersama dalam Promo Guncang 11.11 ini, founder Sepatu Kanky, Alfonsus Ivan Kurniadi mengakui promo belanja di angka kembar tidak hanya mengguncang kantong pelanggan untuk mau bertransaksi tapi bagi brand lokal promo tersebut berdampak bagi bisnis mereka.

“Promo Guncang 10.10 jadi momen penting bagi Kanky. Penjualan kami naik dua kali lipat dibanding tahun lalu berkat dukungan promosi dari Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia. Kampanye ini membuka peluang baru untuk memperluas komunitas dan memperkuat posisi Kanky sebagai brand sepatu lokal kebanggaan Indonesia,” ujar pecinta sneaker sejak 1995 hingga sekarang itu saat ditemui media.

Pengalaman jualan di Tokopedia telah menjadi bagian dalam proses perkembangan bisnis sepatu brand lokal Kanky dan sekaligus menjalani hobi sneaker yang mengubah hidupnya.

“Dari 2021 kita bikin pabrik sepatu, yap saat pandemi itu jadi kesempatan kami menambah orang-orang yang expert di industri sepatu lebih berkembang lagi,” katanya singkat.

“Berkat dukungan konten kreator di TikTok Shop by Tokopedia, kami berhasil menjangkau audiens baru dan memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap produk lokal,” ujar Hanny Zeng, Founder & CEO Jims Honey, mengaminkan penjualan brand-nya melonjak signifikan selama Promo Guncang angka kembar dan Gajian Sale dari Tokopedia x TikTok Shop ini.

Sementara Afra Viena, Chief External Relation Bran Sovlo (Souvenir Lokal) mengaku, kampanye ini telah membantu Sovlo lebih terkenal dan melangkah lebih jauh mengangkat karya ilustrator lokal ke pasar yang lebih luas.

“Tokopedia dan TikTok Shop benar-benar membuka jalan agar masyarakat lebih mengenal nilai budaya di balik setiap desain kami,” katanya di acara yang sama.

Ketiga brand akan meluncurkan item produk baru dan diskon yang menarik pada Promo Guncang 11.11 dengan harga terbaik. (*)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button