Life Style

Jangkauan Semakin Luas, TRI Dorong Warga Serang Tumbuh Lewat Konektivitas Digital

ZETIZENS.ID – Internet cepat kini bukan hanya soal hiburan, tapi sudah jadi penggerak ekonomi lokal di banyak daerah, Serang – tidak terkecuali. Melalui inisiatif #JelajahTriSerang, brand Tri dari Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menghadirkan cerita dari lapangan dengan dampak besar: dari kios sederhana, usaha ritel lokal, hingga anak muda yang memanfaatkan koneksi digital untuk hidup yang lebih produktif.

Dari Pamarayan untuk Serang: 3Kiosk Jadi Titik Hidup Ekonomi Baru

Di Kecamatan Pamarayan, Muhammad Aswar, pemilik 3Kiosk sejak 2022, sudah menjadi wajah baru kewirausahaan digital lokal. Lewat kios sederhananya, Aswar menyalurkan produk

Tri ke lebih dari 120 retailer di tiga kecamatan, menjangkau 29 kelurahan.

Ia mengaku bisnisnya tumbuh bukan hanya karena menjual produk, tapi karena menjadi perpanjangan tangan bagi masyarakat untuk tetap terhubung.

“Awalnya saya hanya jualan pulsa. Tapi sejak jadi mitra Tri, saya belajar cara melayani pelanggan lebih profesional, bahkan membuka lapangan kerja di sekitar saya,” ujar Aswar.

Retailer Lokal Ikut Naik Kelas Berkat Program ‘Cuan Mingguan’

Tak jauh dari sana 3Kiosk, Ira Nurmala, pemilik outlet Danish Cell, kini jadi salah satu retailer paling aktif di Serang.

Ia menceritakan bagaimana program Tri seperti “Cuan Alokasi Mingguan” membantu outlet bersaing dengan tawaran harga produk yang bersaing dan variatif membuatnya bisa menjual paket data populer – dari Perdana 3 GB/30 hari hingga voucher 6 GB/2 hari – dengan harga lebih kompetitif.

“Yang paling banyak beli anak sekolah. Mereka suka karena Tri hemat dan sinyalnya cepat. Program mingguan Tri juga bikin kami semangat jualan, karena selalu ada promo baru,” ujar Ira.

Jaringan yang Kini Menjangkau 96% Warga Serang

Di balik kisah UMKM melalui kehadiran 3Kiosk dan outlet ini yang memberdayakan masyarakat lokal, tentunya hal ini turut didukung kerja di lapangan.

TRI kini mengoperasikan lebih dari 400 BTS di Kota dan Kabupaten Serang, bagian dari 2.454 BTS di seluruh Provinsi Banten.

Dengan cakupan yang telah menjangkau 96% populasi Serang, masyarakat kini bisa mengakses layanan digital tanpa khawatir kehilangan sinyal – dari pusat kota hingga pelosok.

Menurut Chandra Pradyot Singh, EVP-Head of Circle Jakarta Raya IOH, “Tri dikenal dekat dengan anak muda, dan komitmen kami adalah memberdayakan anak muda dengan segudang potensinya di dunia digital. Konektivitas yang aman & nyaman adalah fondasi agar kreativitas dan ekonomi lokal bisa tumbuh sedari dini.”

Internet Cepat, Peluang Baru Anak Muda Serang

Generasi muda Serang kini tak hanya aktif di dunia hiburan digital, tapi juga mulai mengembangkan usaha dan konten kreatif masing-masing.

Dengan jaringan LTE triple-band (band (900 / 1800 / 2100 MHz) ) berbasis Huawei technology, koneksi kuat ini mendukung berbagai aktivitas digital – dari gaming, content creation, hingga usaha daring.

Beberapa komunitas lokal bahkan mulai memanfaatkan speedtest challenge dan content creation dari program #JelajahTriSerang untuk menunjukkan bahwa Serang kini siap bersaing secara digital.

Lebih dari Sekadar Jaringan, tapi juga Soal Kesempatan & Pemberdayaan

Baik 3Kiosk maupun outlet lokal menjadi bukti nyata pendekatan Tri yang tak hanya soal memperluas jaringan, tapi juga menguatkan ekosistem ekonomi mikro.

Dengan setiap BTS baru yang berdiri dan setiap mitra yang tumbuh, semakin banyak masyarakat di Banten bisa menikmati koneksi yang cepat, hemat, dan stabil.

“Kami tidak hanya membangun jaringan, tapi juga membangun peluang. Dari koneksi internet yang kuat, tumbuh usaha, lapangan kerja, dan rasa percaya diri masyarakat. Dengan hadirnya 3Kiosk dan mitra outlet, Tri membuktikan bahwa koneksi cepat bisa menjadi sarana pemberdayaan ekonomi, dari warga untuk warga,” tutup Chandra, EVP – Head of Circle Jakarta Raya (JAYA) IOH.

JelajahTriSerang

Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif IOH dari brand Tri dalam rangka memperluas jangkauan digital hingga daerah-daerah yang sedang tumbuh.

Lewat pendekatan berbasis komunitas dan kemitraan lokal, Tri ingin memastikan setiap orang bisa menikmati internet cepat, hemat, dan bermanfaat untuk hidup mereka sehari-hari. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button