Viral

MTV Ampuh Pernah Hits di Kalangan Muda, Sekarang Kemana?

ZETIZENS.ID – Bagi generasi Y alias milenial, pasti tahu banget MTV Ampuh. Program ini sempat hits dan menjadi kiblat musik kalangan muda di zamannya. Sekarang kemana program ini?

FYI, MTV Ampuh adalah singkatan dari “Ajang Musik Pribumi”, sebuah program tangga lagu musik Indonesia yang diproduksi oleh MTV Indonesia dan menampilkan video musik populer dari posisi 20 hingga 1, dibawakan oleh para VJ MTV.

Program ini dulu dapat disaksikan melalui saluran yang terafiliasi dengan MTV Indonesia, seperti antv dan Global TV, dan menjadi sumber informasi utama tentang musik yang sedang hits sebelum era YouTube dan Spotify.

Daftar Lagu

Acara ini menayangkan daftar lagu dan video musik terpopuler secara mundur, dari nomor 20 hingga nomor 1.

Mulai tayang pada tahun 1997, dan program ini berhenti tayang bersamaan dengan MTV Indonesia yang berhenti beroperasi pada akhir 2011.

Sebelum hadirnya platform seperti YouTube dan Spotify, MTV Ampuh adalah sumber utama untuk mengetahui musik-musik Indonesia yang sedang populer dan menjadi acuan selera musik bagi banyak anak muda di masanya.

Kenapa Tidak Populer Lagi?

MTV tidak lagi populer karena pergeseran industri musik ke platform online seperti YouTube, menurunnya minat penonton terhadap televisi linear, dan beralihnya MTV ke program realitas yang lebih menguntungkan daripada video musik yang mahal untuk dilisensikan.

Persaingan dengan stasiun TV musik lainnya dan perubahan demografi penonton juga berkontribusi pada penurunan popularitasnya.

Platform Online

Munculnya internet dan platform seperti YouTube memungkinkan penonton mengakses video musik apa pun kapan saja secara gratis, menggantikan kebutuhan menonton di TV.

MTV tidak cukup cepat mengadopsi tren online, sehingga memberikan ruang bagi pesaing seperti VEVO untuk mengambil alih pasar video musik digital.

MTV beralih dari video musik ke program realitas karena lebih menguntungkan dan dapat menghasilkan pendapatan dari iklan serta penjualan merchandise.

Biaya lisensi untuk memutar video musik menjadi sangat tinggi, sehingga MTV memilih untuk beralih ke program realitas yang lebih murah dan menguntungkan.

Industri televisi secara keseluruhan mengalami penurunan jumlah penonton, terutama di kalangan demografi yang lebih muda.

Banyak stasiun TV lain mulai menayangkan program realitas, membuat MTV tidak lagi menjadi satu-satunya pilihan dan kehilangan keunikannya.

Audiens MTV di masa lalu, seperti Generasi X, telah tumbuh dewasa dan demografi yang lebih muda tidak lagi mengonsumsi media di TV.

Banyak orang yang dulu adalah penggemar MTV justru merindukan era kejayaan MTV dan merasa saluran tersebut telah menyimpang dari tujuan awalnya sebagai “Music Television”.  (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button