Edu

Mahasiswa UIN Banten PPL di MUI Banten

ZETIZENS.ID – Pada 23 September 2024, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Banten sebanyak 13 orang mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berhasil diterima untuk mengikuti Praktikum Prosesi Lapangan (PPL) di Majlis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten.

Kegiatan PPL ini dilaksanakan selama satu bulan, terbilang dari 23 September sampai 18 Oktober 2024.

Selama menjalani PPL, mahasiswa dapat membantu dalam berbagai kegiatan di MUI, seperti membantu dalam penyusunan fatwa, mengikuti rapat-rapat, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu pelaksanaan PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah.

Acara penerimaan ini langsung dihadiri langsung oleh, Dr. KH. Ahmad Bazari Syam M.Pdi selaku Ketua Umum MUI Provinsi Banten.

Beliau memberi arahan yakni bahwa di MUI ditugaskan kepada masyarakat terbagi 3 hal yaitu : Pertama “Shodiqul Ummah”, melayani Masyarakat tidak saja yang bermanut dengan satu madzhab akan tetapi semua ajaran dengan baik kami layani dengan baik, tidak memandang status dari kalangan manapun dalam melayani masyarakat.

Kedua “Khodimul Hukama” yaitu mitra kepda pemerintah bahwasannya maksud beliau MUI tidak berpihak kepada pemerintah siapapun.

“Selain itu “Prinsip MUI itu sederhana, terima semua taqdir-Nya itu dengan dasar husnudzon, jadi enak tidak enak, betah tidak betah, bisa tidak bisa di MUI ini jalani saja, karena siapa yang tahu kalau besok-besok ternyata salah seorang kalian yang jadi ketua umum MUI di kotanya,” ucap Ketua Umum saat sambutan. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button