Viral

Vivo Hadirkan OS Sendiri Bernama BlueOS

ZETIZENS.ID – Susul Huawei dan Xiaomi, Vivo menghadirkan OS sendiri bernama BlueOS.

Belum lama ini Vivo, pabrikan smartphone asal Tiongkok, telah resmi merilis sistem operasi atau OS yang dikembangkan sendiri bernama BlueOS.

Perusahaan mengumumkan OS baru tersebut pada ajang Konferensi Pengembang Vivo 2023.

Laman JawaPos melansir, Vivo mengatakan bahwa mereka memulai pengembangan BlueOS pada tahun 2018 dan OS tersebut dirancang untuk mengatasi keterbatasan ekosistem aplikasi Android.

Ini juga merupakan sistem operasi pertama di dunia yang menggunakan bahasa pemrograman Rust untuk kerangka sistemnya.

Dilansir dari ITHome, BlueOS memiliki tiga fitur utama yakni interaksi cerdas, pengalaman pengguna yang lebih lancar, dan keamanan data pengguna. OS ini dirancang untuk mendukung model besar dan interaksi multi-modal, yang berarti dapat memahami dan merespons berbagai metode masukan, termasuk suara, teks, gerak tubuh, dan bahkan gelombang otak.

BlueOS juga mendukung protokol koneksi BlueXlink, yang mengadopsi konsep desain terdistribusi dan kompatibel dengan protokol standar industri.

Hal ini memungkinkan data ditransfer dan diakses secara bebas dan aman di antara beberapa perangkat.

Dari segi performa, Vivo mengatakan BlueOS telah mengurangi penggunaan memori sebesar 67 persen dan meningkatkan efisiensi rendering sebesar 48 persen.

Ia juga dilengkapi mekanisme super coroutine yang dapat meningkatkan kecepatan respons sebesar 18 persen.

Di bidang keamanan, Vivo mengatakan bahwa kerangka sistem berbasis Rust BlueOS tidak terlalu rentan terhadap kerentanan keamanan yang disebabkan oleh penggunaan memori yang tidak tepat.

Selain itu, ini dapat berjalan di berbagai perangkat, termasuk perangkat yang memiliki RAM sedikitnya 32 MB. Hal ini menjadikannya pilihan yang layak untuk berbagai perangkat, mulai dari peralatan rumah tangga pintar dan perangkat yang dapat dikenakan.

Meski demikian, Vivo belum mengumumkan rencana untuk menginstal BlueOS di smartphone besutannya pada tahap awal.

Artinya Funtouch OS dan OriginOS akan tetap menjadi sistem operasi bawaan smartphone Vivo.

Jam tangan pintar Vivo yang akan datang, Vivo Watch 3, adalah perangkat pertama yang dikirimkan dengan sistem operasi BlueOS. Ini akan diluncurkan pada 13 November bersamaan dengan smartphone seri Vivo X100. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button