Viral

Syuting Langsung di Atas Gedung untuk Program Berita, Channel TV Korea Ini Viral

ZETIZENS.ID – Beberapa hari ini viral di media sosial, channel TV Korea syuting langsung di atas gedung untuk program berita.

Jika stasiun televisi lain menggunakan green screen, Channel TV Korea ini agak laen. Radar Jogja melansir, ini dilakukan MBC News.

Hampir seluruh siaran langsung berita di televisi berlatarkan suasana di dalam sebuah studio. Dengan satu atau dua penyiar berita yang duduk berdampingan dengan jarak, memakai setelan jas dan penampilan yang sangat rapi.

Biasanya, background dari siaran langsung berita di televisi adalah sebuah green screen, atau bahkan terpampang gambar maupun video nyata dari suatu lokasi yang penuh dengan gedung pencakar langit.

Namun, gambar background ini sudah diambil melalui potret foto, lalu ditampilkanlah di layar televisi besar di belakang penyiar berita.

Bisa juga tampilan background tersebut berubah-ubah mengikuti konten berita yang sedang disiarkan oleh para news anchor.

Mungkin beralih menjadi tampilan reporter yang membawakan siaran langsung di TKP. Atau, bahkan gambar ilustrasi dari peristiwa yang sedang diberitakan.

Salah satu channel TV Korea Selatan yang sangat populer yaitu MBC, di era yang sudah serba teknologi canggih ini, malah melakukannya secara manual.

Dalam program siaran berita mereka, MBC News, mereka tidak menggunakan green screen maupun layar video atau bisa kita sebut videotron.

Mereka justru melakukan siaran berita langsung dari atas gedung, loh!

Para kru MBC News mendesain seperti gapura kotak dan meja panjang sebagai bingkai untuk tampilan para news anchor.

Lalu background dari siaran tersebut adalah asli pemandangan langit beserta gedung-gedung tinggi yang berada di Seoul, Korea Selatan.

Bisa dibayangkan bahwa ketika di atas gedung, angin bertiup sangat kencang. Apalagi tempat siaran tersebut berada hampir di pojok bangunan.

Mereka totalitas membawakan acara berita tersebut meskipun harus di tempat yang cukup ekstrem.

FYI, ternyata perihal ini sudah diberitakan Nextshark pada Jumat (1/3/2019), stasiun TV MBC beberapa waktu lalu pergi ke Vietnam untuk mewartakan KTT Amerika Serikat-Korea Utara.

Para kru lantas menemukan tempat yang dianggap cocok untuk meletakkan berbagai keperluan siaran seperti meja dan juga kamera.

Ya, alih-alih menggunakan green screen untuk backgorund mereka justru menggunakan pemandangan asli dari atas gedung hotel Hanoi Daewoo.

Bagi mereka, kabut asli dari atas kota Hanoi dan lampu-lampu jalanan di malam hari nampaknya membuat background siaran lebih ciamik. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button