Seleb

Sonu Nigam, Playback Singer Bollywood dengan Suara Syahdu

ZETIZENS.ID – Bagi para penikmat lagu soundtrack Bollywood pasti akrab dengan suara Sonu Nigam. Biasanya Sonu Nigam menjadi playback singer untuk film dengan peran utama yang dimainkan oleh Shah Rukh Khan, Aamir Khan, Salman Khan, dan lain-lain.

Sonu Nigam adalah seorang penyanyi playback India yang lagu-lagunya utamanya tampil dalam film-film Hindi, Odia, Kannada, Punjabi dan Marathi.

Ia juga telah merilis album-album pop India dan berakting dalam beberapa film.

Ia sangat terkenal pada akhir 90’an dan awal 2000’an bahkan sampai saat ini.

Pada 2010, Sonu menyanyikan lagu populer “Chori Kiya Re Jiya” dari Dabangg serta judul lagu Tees Maar Khan.

Ia memulai karier menyanyinya pada usia empat tahun, ketika ia bergabung dengan ayahnya Agam Kumar Nigam di atas panggung untuk menyanyikan lagu Mohammed Rafi “Kya hua tera wada”.

Setelah itu, Nigam bersama dengan ayahnya tampil menyanyi di pernikahan-pernikahan dan pesta-pesta. Ia berpindah ke Mumbai bersama dengan ayahnya untuk memulai karier nyanyi Bollywood-nya pada usia 18 tahun.

Ia dilatih oleh penyanyi klasik Hindustan Ustad Ghulam Mustafa Khan. Nigam menikah dengan Madhurima, yang berasal dari keluarga Bengali, pada 15 Februari 2002.

Ia menyanyi dan mengkomposisi. Ia merekam lagu-lagu percintaan, rock, sedih dan kepahlawanan dalam bahasa Hindi, Kannada, Assam, Bengali, Odia, Punjabi, Tamil, Telugu, Inggris, Maithili, Bhojpuri, Urdu, Nepali, Chhattisgarhi, Malayalam, Tulu dan Marathi.

Nigam pernah tampil di Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Prancis, Jerman, Belgia, Belanda, Spanyol, Australia, Selandia Baru, Pakistan, Nepal, Bangladesh, Rusia, Afghanistan, Uni Emirat Arab, Kuwait, Arab Saudi, Thailand, Indonesia, Singapura, Malaysia, Caribbean|Hindia Barat, Suriname, Mauritius, Nigeria dan Afrika Selatan. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button