Gen Z

Elaine Hartanto, Solo Singer Setelah Graduate JKT48

ZETIZENS.ID – Elaine Hartanto adalah eks member JKT48 generasi 3. Kelahiran 3 April 1996 ini pernah berada di tim T kemudian di tim J.

Elaine pernah bergabung di Tim T pada pertunjukkan JKT48 Trainee Generasi ketiga “Mulai Sekarang Sungguh-Sungguh part 2”. Elaine membuat video project dengan nama “Sister Pro7ect” bersama dengan Sofia dan Gracia.

Elain bergabung di JKT48 pada Maret 2014. Kemudian dipromosikan ke Tim T pada 24 Januari 2015 bersama 15 anggota lainnya.

Pada pengumuman di akhir acara JKT48 Live in Concert “JKT48 Ada banyak rasa, Pilih suka rasa apa?” 13 Juni 2015, Elaine dipindahkan oleh JKT48 Operation Team ke Tim J bersama Shinta Naomi dari Tim KIII.

Ia akan aktif bersama Tim J mulai tanggal 1 Agustus 2015. Dalam kiprahnya di JKT48, gadis mungil 152 cm / 40 kg ini pernah masuk sebagai center undergirls dalam kopling lagu Single Ke-10 Refrain Penuh Harapan (Kibouteki Refrain) yang berjudul Value Milikku Saja (Boku Dake no Value).

Ia masuk sebagai center undergirls setelah berhasil menduduki peringkat 17 dengan jumlah 10.861 suara.

Pada sebuah pengumuman dalam panggung ketiga Tim J “Theater no Megami (Dewi Theater)” di Teater JKT48 tanggal 12 Maret 2016, Elaine mengumumkan kelulusannya dari JKT48, karena ingin fokus ke pendidikannya, terutama tugas skripsi kuliahnya.

Selain itu, kondisi kesehatan Elaine kurang stabil. Sehingga Elaine tidak ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Member Single ke-13 JKT48.

Elaine resmi lulus dari JKT48, setelah show “Theater no Megami” pada Minggu, 3 April 2016, yang juga merupakan hari ulang tahunnya yang ke-20.

Khayalan

Lepas dari JKT48, Elaine merilis single bertajuk Khayalan di berbagai layanan digital streaming pada 18 Maret 2023 lalu.

Menurut Elaine kepada VOI, lagu ini berkisah tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan.

“Khayalan ini bercerita soal wanita yang suka dengan satu pria. Tapi, prianya itu enggak merespons balik rasa kesukaan si wanita tersebut,” ujarnya.

Proses penggarapan lagu ini turut dibantu oleh manajer Elaine, Ega, yang ternyata tidak membutuhkan waktu lama.

“Awalnya, saya tanya ke Elaine dulu mau seperti apa lagu ini. Terus, dia kasih beberapa referensi bernuansa jepang gitu. Habis itu ya sudah kita kerjakan, kurang lebih hanya hari hari saja,” tutur Ega.

Lewat single ini, Elaine yang terbilang baru sebagai solois ini, merasakan perbedaan dengan saat ia berada di JKT48.

“Bedanya saya di JKT48 dan sekarang sebagai solois itu adalah spotlight-nya sih. Waktu itu kan sorotan bukan di saya aja, nah kalau sekarang berbeda,” kata Elaine.

Maka dari itu, Elaine mengatakan, ia berusaha untuk meningkatkan kemampuannya agar lebih maksimal lagi di lagu ini.

“Dari lagu ini, yang saya persiapkan itu adalah belajar vokal. Sekaligus, belajar bagaimana cara meng-engage penonton saat dibawakan live-nya nanti,” jelasnya.

Elaine meluncurkan single keduanya pada Agustus 2023. Selain itu, penyanyi wanita kelahiran Jakarta itu juga bakal berkolaborasi dengan salah satu girlband Indonesia, LYNX.

Sebelumnya, pada 19 Februari lalu, Elaine menandai comeback-nya lewat kolaborasi dengan band bergenre J-rock asal Jakarta, Say:Kou. Bersama Fauzy (vokal), Eko (gitar), Keza (gitar), Agung (bass), dan Hanif (drum), ia meng-cover lagu-lagu anime dalam event Waku-Waku Fest. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button