Viral

Balada Nyanyian Burung dan Ular, Hunger Games Terbaru yang Seru

ZETIZENS.ID – Film terbaru The Hunger Games bertagline The Ballad of Songbird and Snakes dirilis pada 17 November 2023 oleh Lionsgate.

Plot cerita film ini didasarkan pada novel karya Suzanne Collins yang terbit pada 2020 dengan judul yang sama. Menceritakan masa muda presiden Panem sebelum menjadi tiran dan hubungannya dengan tribut asal Distrik 12.

Proses syuting film ini dimulai pada 11 Juli 2022 di Polandia. Ide pembuatan prekuel film ini dimulai dari ketertarikan Jon Feltheimer, CEO Lionsgate, pada spin-off serial The Hunger Games sebagai ruang eksplorasi konsep dari sang penulis.

Francis Lawrence, sutradara film ini, juga menyutradarai serial THE HUNGER GAMES: CATCHING FIRE dan THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY.

Banyak nama aktor-aktris ternama yang dipertimbangkan untuk memerankan karakter Tigris Snow, Lucy Gray Baird, dan Coriolanus Snow.

Kisah

Film ini didasarkan pada prekuel novel berjudul ‘THE BALLAD OF SONGBIRDS AND SNAKES’ karya Suzanne Collins, penulis trilogi ‘HUNGER GAMES’.

Menjadi prekuel dari film THE HUNGER GAMES, film ini mengambil latar 64 tahun sebelum cerita THE HUNGER GAMES dimulai.

Film ini memperkenalkan lebih dalam karakter villain Coriolanus Snow melalui aksinya selama perhelatan The Hunger Games ke-10.

Oleh sebab itu, Donald Sutherland tak kembali untuk memerankan karakter tersebut dalam The Hunger Games: Ballad of Songbirds and Snakes. Coriolanus Snow muda kini diperankan Tom Blyth.

Film ini berlatar 64 tahun sebelum peristiwa The Hunger Games (2012). Seorang pemuda berusia 18 tahun sedang berambisi mengembalikan kejayaan keluarganya yang memudar akibat perang pemberontakan terhadap Ibukota Panem, Capitol.

Puluhan tahun sebelum Coriolanus Snow menjadi presiden Panem yang kejam, ia adalah pemuda berusia 18 tahun yang tampan dan memesona.

Kala itu, Coriolanus sedang berkompetisi untuk mendapatkan beasiswa kuliah dari Plinth. Ia dan peserta lain mengira pemenangnya akan dipilih berdasarkan performa akademi mereka di sekolah menengah paling bergengsi di Capitol, The Academy.

Oleh sebab itu, Coriolanus percaya diri bermodalkan keunggulan prestasinya. Tanpa ia disangka, tahun itu ternyata terdapat ujian baru untuk menentukan pemenang sekaligus penerima beasiswa.

Seluruh peserta ditugaskan menjadi mentor untuk para tribut atau peserta Hunger Games ke-10.

Coriolanus menjadi harapan terakhir garis keturunan Snow yang sebelumnya dibanggakan, tetapi gagal dan jatuh miskin pascaperang di Capitol.

Dengan mata pencaharian yang terancam, Coriolanus hanya memiliki kesempatan untuk mengubah nasib saat dipilih sebagai mentor Hunger Games ke-10.

Kesempatan itu sempat membuat Coriolanus goyah karena harus menjadi mentor dari Lucy Gray Baird, tribut Distrik 12 yang miskin.

Akan tetapi, pesona Lucy yang memikat hati para penduduk membuat Coriolanus bekerja sama dengannya. Melawan naluri baik dan jahat, Coriolanus berjuang untuk bertahan hidup.

The Hunger games merupakan gelaran tahunan yang membuat anak-anak dari setiap distrik di negara Dystopia, Panemm, bertempur sampai mati sebagai hukuman atas pemberontakan di masa lalu terhadap Ibu kota Capitol.

Pemenangnya tak hanya mentor yang berhasil mengantarkan tribut menjadi juara Hunger games, tapi juga yang tributnya berhasil menarik perhatian dan antusias penonton acara TV Hunger Games.

Coriolanus kecewa dengan peraturan baru itu. Namun, ia ditugaskan menjadi mentor peserta perempuan Distrik 12, Lucy Gray Baird (Rachel Zegler), anggota grup musisi nomaden bernama Covey yang tak punya keahlian bela diri.

Oleh sebab itu, Coriolanus meyakini sulit baginya untuk menjadi pemenang.

Saat hari pengumuman, tak disangka Lucy Gray menarik perhatian penonton yang tak lain adalah masyarakat Capitol setelah bernyanyi menantang serta menyelipkan ular tersembunyi ke dalam pakaian putri wali kota yang kejam.

Coriolanus pada akhirnya menyadari bakat Lucy. Ia pun bersemangat untuk mengusahakan Lucy bertahan hidup dalam permainan saling membunuh. Di sisi lain, hal itu juga dilakukan agar dirinya bisa mendapatkan beasiswa.

Selama permainan, Coriolanus melakukan segala cara licik untuk memastikan Lucy tetap hidup. Tak terasa, benih-benih cinta mulai tumbuh di antara mentor dan muridnya itu.

Bagaimana selanjutnya? Ikuti kisahnya di bioskop ya. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button