Life Style

Menjaga Kualitas Udara di Rumah, Rajin Cek, Bersihkan dan Pakai Alat Canggih Ini

dr. Jaka juga menyarankan kita untuk rajin dan secara rutin membersihkan ruangan dan barang-barang di rumah.

ZETIZENS.ID – Mengatur kondisi luar tidak lebih mudah dari mengatur apa yang ada di dalam. Setuju dong?

Begitu juga dengan kondisi udara di luar ruangan nih, terutama di area perkotaan, kita tidak bisa mengkondisikan kualitas udara yang kian hari semakin memburuk ini.

Nggak heran gejala dan penyakit paru kerap datang dan pergi sehingga tidak sedikit fari kita yang memilih untuk tetap di dalam rumah atau ruangan kantor/gedung demi menyelamatkan organ dalam terutama paru, serta kesehatan orang-orang di dalamnya.

Nah, menjaga kesehatan paru dalam rumah/ ruangan ini, dokter Spesialis Paru, dr. Jaka Pradipta, Sp.P, mengajak kita untuk sering memperhatikan kualitas udara dengan cara yang mudah dilakukan.

“Untuk menilai kualitas udara di luar atau dalam rumah, kita perlu tambahan aplikasi di gadget kita untuk bisa membantu mengukurnya, dan selanjutnya dicari penyelesaiannya,” ujar dr. Jaka di acara Parentalk bertema Optimalkan Kualitas Udara Bareng Xiaomi Smart Air Purifier pada Jumat (28/6/2024) di Jakarta.
Secara singkat. dr. Jaka ingin masyarakat aware dengan kualitas udara di sekitar agar bisa menentukan kapan mau main di luar dan kapan harus tetap di rumah.
“Kalo rajin mengecek udara, ketika kualitas udara di luar rumah lagi bagus misalnya, maka ajak diri kita dan anggota keluarga main ke luar, aktivitas di luar ruangan. Atau secara prinsip, aktifkan ventilasi udara di rumah kita, biar terjadi sirkulasi yang baik. Namun kalo dalam kondisi kualitas udara di luar rumah itu lagi merah, maka jendelanya ditutup,” jelas dr. Jaka lagi.
Selanjutnya, cara untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih optimal, dr. Jaka juga menyarankan kita untuk rajin dan secara rutin membersihkan ruangan dan barang-barang di rumah.
“Tahukah kamu, batuk itu sering terjadi pingpong di rumah padahal saat di luar tidak apa-apa, nah kalo sudah begini coba periksa kebersihan terutama di kamar dulu, rutin untuk bersihkan tungau di kasur atau sofa, bersihkan juga debu-debu di boneka dan pajangan. Selanjutnya furnitur rumah yang jarang dicuci, seperti hordeng, karpet dan mainan,” paparnya lagi.
Jika sudah melakukan itu semua, kita bisa mengoptimalkan penjagaan kualitas udara dalam ruangan dengan mengaktifkan alat pembersih udara. Salah satu yang direkomenasikan adalah penggunaan Xiaomi Smart Air Purifier Elite yang dapat dipasang dengan elegan di tengah rumah atau ruang utama keluarga, karena beberapa keunggulannya.
“Selain jangkauan luas mencapai 124 meter persegi, Smart Air Purifier Elite ini jika diletakkan di lantai punya desain minimalis. Yang terpenting kemampuannya, dia sanggup mengeliminir partikel mini hingga 99,98 persen, membunuh virus-virus influenza dan sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland Allergy Care. Penggunaan air purifier akan membantu secara aktif untuk membersihkan udara dalam ruangan,” tambah Rendy Tonggo, selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia di acara yang sama.
Menurur Rendy, alat tersebut akan sangat membantu kebersihan udara di rumah karena selain sudah ada fitur untuk bisa mengecek kualitas udara dalam ruangan, alat ini juga bisa diperintah lewat suara jika sudah terkoneksi dengan wifi.
“Saya yang suka gadget lebih suka ada bantuan alat ini di rumah karena bisa memberikan solusi praktis yang bisa memonitor udara setiap hari, setiap jam dengan alat pintar ini. Perawatanya juga mudah, karena Xiaomi punya service center di banyak tempat jadi untuk layanan pengganti filter udaranya atau perawatan bisa dengan mudah dilakukan.
Acha Sinaga, seorang mom influencer juga melakukan hal yang sama untuk bisa menjaga kualitas udara di rumahnya lebih optimal.
“Kondisi udara di luar kita nggak bisa mengaturnya tapi kalo di dalam rumah saya usahakan yang terbaik.
“Aku pakai Air Purifier Elite juga karena alat ini user friendly, aku tinggal unboxing terus nyalain koneksi ke wifi dan cuma pakai barcode langsung masuk ke aplikasi di hp.
“Aku juga bisa lihat mengecek dari hp-ku apakah anak-anak di rumah lagi menghirup udara yang baik, misal kalo pas terpantau jadi merah kualitas udara di rumah, aku cek nih ternyata Xiaomi Smart Air Purifier Elite ku lagi menyerap udara buruk karena lagi ada yang masak di dapur, jadi ketahuan semuanya,” katanya berbagi. (*)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button