Kiprah Satu Dekade Jakarta Coffee Week, Hadirkan Kolaborasi Epik Pelaku Industri dan Pecinta Kopi di Indonesia

ZETIZENS.ID – Sebagai bagian dari komitmen untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan industri kreatif nasional, Bank Mandiri kembali menjadi mitra utama dalam penyelenggaraan Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Hall 3 – 3A.
Kehadiran bank bersandi saham BMRI Ini dalam ajang ini merupakan wujud dukungan terhadap pengembangan industri kopi tanah air sebagai bagian dari penguatan ekonomi kerakyatan.
Tahun ini, perhelatan kopi terbesar di Indonesia ini mengusung tema ‘A Decade of Passion’ dengan menghadirkan lebih dari 200 brand terkait kopi dan teh, baik lokal maupun internasional, termasuk pemenang penghargaan, ahli kopi, produsen, dan distributor mesin kopi dan teh, serta petani kopi dari seluruh Indonesia. Selama sepuluh tahun, Jacoweek terus memberikan semangat dan dukungan positif yang konsisten bagi kemajuan industri kopi di Indonesia.
Jika awalnya lahir sebagai ruang komunal untuk mempertemukan petani, komunitas, dan pelaku F&B berskala lokal, kini Jacoweek telah berevolusi menjadi platform pertemuan strategis bagi pelaku industri kopi.
Dengan konsep one-stop shopping solution, Jacoweek menyediakan semua kebutuhan industri kopi, menampilkan berbagai kegiatan dan produk dari kancah lokal hingga internasional.
Senior Vice President Digital Marketing Bank Mandiri, Diah Eka Purwanti menyatakan dukungan Bank Mandiri terhadap Jacoweek 2025 merupakan komitmen dalam mendukung perkembangan budaya kopi Indonesia, agar cita rasa dan kualitas tingginya semakin dikenal luas di dalam negeri maupun mancanegara. Sekaligus sebagai upaya bank berlogo pita emas ini dalam sinergikan antara gaya hidup masyarakat modern dengan layanan dan produk perbankan digital.
“Bank Mandiri melihat potensi besar dari perhelatan Jacoweek 2025 dan turut senang dapat mendampingi perjalanannya dalam 10 tahun memajukan industri kopi Indonesia. Kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup konsumen modern. Oleh karena itu, partisipasi eksklusif Bank Mandiri dalam Jacoweek 2025 menegaskan peran kami sebagai partner banking andalan konsumen, mendukung kebutuhan gaya hidup maupun kebutuhan finansial mereka,” ujar Diah.
Lanjutnya, untuk mendukung semangat perayaan satu dekade ini, Bank Mandiri juga menghadirkan berbagai program promo menarik agar nasabah mendapatkan benefit tambahan saat bertransaksi non tunai melalui QRIS Livin’, E-Money, serta Kartu Debit dan Kredit Bank Mandiri.
Tujuannya agar seluruh pengunjung dapat menikmati pengalaman bertransaksi yang cepat, mudah, dan aman sepanjang acara berlangsung.
Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week mengatakan, “Sejak pertama kali digelar 10 tahun lalu, Jacoweek konsisten menunjukkan dukungan kuat terhadap perkembangan industri kopi Indonesia. Kami gembira melihat hasilnya: kualitas kopi lokal semakin diakui, dan perwakilan barista kita sukses mengharumkan nama bangsa di kompetisi dunia. Inilah visi yang kami bawa sejak awal. Selama satu dekade, fokus kami adalah membangun fondasi edukasi dan kolaborasi yang kuat. Kini, dengan landasan itu, kami memperluas upaya kami untuk melahirkan sinergi yang lebih besar dan berdampak demi memastikan pertumbuhan industri kopi Indonesia yang berkelanjutan di masa depan.”
‘A Decade of Passion’ bukan hanya sekedar tema, namun menggambarkan antusiasme dan kobaran semangat yang terus hidup di antara para pelaku industri dari petani, barista, roaster, pelaku usaha hingga penikmat kopi.
Jacoweek 2025 hadir menjadi platform berkarya para insan kopi melalui berbagai rangkaian aktivitas, kolaborasi inovatif, kompetisi dan pameran dari para pelaku industri kopi dan teh tanah air.
Kolaborasi selalu menjadi highlight penting pada perhelatan Jacoweek. Salah satu kolaborasi yang menarik perhatian di Jacoweek 2025 adalah kehadiran Indonesia Tea Culture yang memperluas cakupan festival tidak hanya pada kopi tetapi juga pada budaya teh sejalan dengan tren meningkatnya konsumsi teh di kalangan generasi muda Indonesia.
Selain itu, Jacoweek 2025 juga berkolaborasi dengan Tokyo Coffee Festival, salah satu festival kopi paling populer di Jepang sebagai langkah memperluas jejaring dan membuka peluang kolaborasi internasional bagi pelaku industri kopi tanah air.
Tahun ini, Jacoweek juga mengambil langkah kecil menuju keberlanjutan dengan bekerja sama dengan Daur Baur Micro Factory untuk pengolahan limbah gelas plastik selama acara berlangsung.
Harapannya, inisiatif ini dapat menjadi contoh nyata komitmen Jacoweek terhadap praktik berkelanjutan di industri kopi.
Jacoweek 2025 bukan hanya menjadi ajang pameran, namun ajang ini juga akan menampilkan para ahli kopi, pemenang kompetisi dan pelaku industri yang siap berbagi inspirasi dan inovasi bagi para pecinta kopi. Salah satu yang selalu dinanti kehadirannya oleh pecinta kopi adalah Roemah Koffie, salah satu brand kopi premium ternama asli Indonesia.
Felix TJ, CEO Roemah Koffie mengatakan, “Kami senang bisa kembali menjadi bagian dari Jacoweek tahun ini, apalagi di momen spesial satu dekade perjalanan Jacoweek yang terus konsisten mendukung kemajuan kopi spesialti Indonesia. Semangat yang dibawa sejalan dengan misi kami, untuk terus mengembangkan dan mengharumkan budaya kopi Nusantara. Tahun ini, kami secara khusus mengadakan Roemah Koffie Latte Art Competition 2025 di Jacoweek dengan skala yang lebih besar, hadiah lebih menarik serta kolaborasi bersama mitra global. Melalui kegiatan ini, kami ingin mendorong kreativitas dan semangat kolaborasi di kalangan barista Indonesia sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi ekosistem kopi nasional.”
Untuk menambah keseruan, Jacoweek 2025 menghadirkan lima kategori kompetisi utama yakni Delifru Drink Expert, Iron Tongue by Young Baek, Tarung Tiga, Nordic E-Roasting Challenge dan Roemah Koffie Latte Art Competition.
Tahun ini, Jacoweek juga memperluas cakupan dengan menghadirkan Matcha Match, sebuah kompetisi khusus bagi para pecinta matcha hasil kolaborasi dengan Indonesia Tea Culture yang menandai langkah baru dalam merangkul budaya teh di tengah maraknya tren konsumsi teh di kalangan generasi muda Indonesia.
“Ke depannya, kami berkomitmen untuk terus membawa Jacoweek menjadi jembatan bagi kolaborasi baru yang lebih solid dan impactful. Harapan kami, semua pelaku industri bisa saling bergandengan tangan untuk memastikan pertumbuhan industri kopi Indonesia terus maju dan berkembang,” tutup Hendri.
Keberhasilan penyelenggaraan Jakarta Coffee Week tidak lepas dari dukungan para sponsor dan mitra yang merupakan para ahli di industri kopi dan F&B. Tahun ini, Jakarta Coffee Week secara spesial turut mendapat dukungan dari Anchor Food Professionals Indonesia, PUQ Coffee Indonesia, PT. Sumber Kurnia Alam, Delifru Flavor Expert, Ellenka Professional, NOD, Maharaja Coffee, Sudi Jaya Group, Ritz Crackers serta Indomilk FnB Solutions sebagai Official Milk Sponsor.
Pengunjung dapat memperoleh tiket masuk Jacoweek 2025 dengan harga spesial Rp25.000 (harga normal Rp50.000) menggunakan QRIS Livin’ by Mandiri, Kartu Debit/Kredit Mandiri atau Livin’ PayLater. Selain itu, tersedia juga promo menarik berupa bonus dua tiket masuk Jacoweek 2025 dengan melakukan pembelian tiga cangkir kopi di merchant terpilih melalui QRIS Livin’ by Mandiri (periode: 15–30 Oktober 2025). (Sobri)
 
					
 
					



 
					 
					


