Life Style

Masih Kuat Puasa Kan? Ini 3 Tips Extra Semangat Buat Jalani Ibadah Ramadan

meski tidak mudah, kita harus bertahan puasa sampai malam takbiran

ZETIZENS.ID – Kurang dari sebulan umat muslim bakal meraih kemenangan atas perjuangan ibadah selama bulan Ramadan. Yap, meski tidak mudah, kita harus bertahan sampai malam takbiran.

Nah, untuk memperkuat iman pejuang puasa, tentunya terus dilatih untuk kuat menahan emosi, menahan godaan mengeluh, dan juga menahan diri untuk tidak membocorkan pahala-pahala kita seperti bergibah, marah karena kemacetan jalan, atau dilema pekerjaan, dan masalah kehidupan lainnya.
Biar kamu semakin kuat dan semangat menjalani puasa, ada tiga tips yang bisa kamu lakukan di rumah:
Disiplin pada Jam Istirahat
Dilansir dari situs resmi Kemenkes (Kementrian Kesehatan) RI, anak muda butuh tidur setidaknya 9 jam per hari, sementara orang dewasa membutuhkan durasi yang lebih pendek sekitar 7- 8 jam perhari. Jika kurang dari jumlah tersebut, risikonya akan ditanggung sendiri seperti mudah depresi, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan ketidakstabilan mental.
Penuhi tidur dengan mengambil jam istirahat lebih awal selepas ibadah malam, juga menyempatkan 20 menit tidur siang.
Mensugesti Diri dengan Hal Positif
Dr. Sienny Agustin dalam artikel yang dibuatnya pada salah satu situs kesehatan menyebutkan orang yang berpikir positif bakal cenderung lebih sehat dan semangat menjalani hari.
Rupanya Hmhal tersebut bisa didapatkan oleh orang-orang dengan kebiasaan positif juga seperti membaca buku, kitab, mendengarkan rekaman tausiyah atau podcast inspiratif, serta membaca beberapa quotes baik dari mana pun.
Hal yang menarik seperti ini bisa lho kamu temukan pada kemasan susu Greenfields terbaru. Pasalnya brand susu satu ini tengah berinisiatif membagikan kata-kata motivasi di kemasannya baru yang dikhususkan untuk para pejuang puasa.
“Buat yang hari ini udah latihan kesabaran sampai emosi kembang kempis, dan almost ngeluarin tears, Nih aku traktir Milk Tea buat buka nanti biar happy,” salah satu kutipan penyemangat yang penulis dapatkan pada kemasan susu, yang unik dan sederhana, namun cukup bisa mem-booster semangat.
Quotes
Konsumsi Coklat Rendah Lemak pada Sahur dan Berbuka
Tidak diragukan lagi, coklat mengandung efek antidepresan, serta komponen feniletilamin pada coklat akan dapat memperbaiki suasana hati dan mood kamu selama menjalani puasa.
Menikmati coklat pada saat berbuka ataupun sahur dengan kadar lemak yang rendah, tentu akan baik untuk kesahatan dan menjaga suasana hati.
Dengan mengikuti tips-tips ini, semoga para pejuang puasa dapat menjaga semangat sepanjang hari agar tetap produktif. Selamat mencoba. (*)

 

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button