Nusantara

Fertikal Menutup 2023 yang Produktif dengan EP 123123

ZETIZENS.ID – Setelah rilis album Gama di bulan Juni, rupanya bagi Fertikal belum cukup karena masih banyak karya yang belum terekam.

Maka dari itu, Fertikal memutuskan untuk memproduksi mini album atau EP yang dirilis di akhir tahun 2023 ini.

Fertikal sendiri adalah band rock alternatif yang berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Band ini beranggotakan 3 personil yaitu Yudha (vocal), Rama (Gitar), Benny (bass).

Nama Fertikal sendiri bermakna hubungan antara manusia dengan Tuhannya, bahwa yang terjadi di dunia ini semua atas ijin Tuhan, termasuk terbentuknya band ini.

Tema album yang Fertikal suguhkan kali ini sedikit bertema numerologi di mana hari terakhir 2023 jika mengikuti urutan penulisan tanggal ala Amerika Serikat akan tertulis “123123”.

“123123 adalah hari terakhir di tahun 2023 menurut penanggalan amerika di mana bulan dan harinya dibalik. 12-31-2023. Kami sepakat bahwa akhir adalah awal. Semua yang berakhir akan menjadi awal. Layaknya kita membuka buku, apabila mau melangkah ke bab 2, kita harus melewati/ mengakhiri membaca bab 1. DI hari terakhir tahun 2023 kami berharap akan tahun 2024 menjadi hal baik yang akan kita semua lewati. Aamiin,” ujar Yudha menjelaskan.

“Benang merahnya EP 123123 dengan album Gama adalah tentang perjalanan hidup. Di mana melupakan kegagalan dan membuka lembaran baru adalah suatu bentuk perjalanan yang pasti ada dalam kehidupan dan harus dilalui,” tambah Yudha.

Selain lagu self titled “123123” yang diciptakan Rama, ada pula 2 lagu lain yang merupakan benang merah dari tema “perjalanan hidup” tersebut yaitu “Terkubur Muda” oleh Yudha dan “Sungai Misteri” oleh Benny.

“Terkubur muda itu adalah lagu yg menggambarkan penyesalan seseorang setelah masa tua terhadap masa mudanya yg dibuang sia-sia karena tidak ada upaya keras dalam mengejar mimpinya. Hingga dia hanya bisa berkeluh kesah di masa tuanya. Makanya lagunya berjudul Terkubur Muda (artinya masa muda yg mati sia-sia). Tujuan lagu ini yaitu utk mengingatkan semua generasi muda dimana saat-saat usia emas manusia agar lebih berusaha keras dalam menggapai cita-cita agar tidak ada penyesalan di kala tua,” ujar Yudha.

“Kemudian, lagu “Sungai Misteri” menggambarkan masa kecil ketika mandi di sungai. Kegiatan ini membuat pertemanan menjadi semakin akrab selain aktivitas ngopi kalau bahasanya anak muda sekarang. Lain halnya dengan nongkrong biasa, rasanya pertemanan jadi semakin erat kalau saat kecil dulu mandi di sungai karena sambil berpetualang menyusuri sungai. Kalau
sekarang saat dewasa, ngopi dan ngobrol ngalor ngidul merupakan kegiatan pengakraban karena sudah bukan masanya untuk mandi di sungai dan berpetualang seperti dulu,” tambah Benny

Selain itu Fertikal juga mengangkat fenomena kehilangan anggota keluarga dengan lagu Berjalan Sendiri, di mana sang penggubahnya Yudha menceritakan sudut pandang anak yang harus kuat berjalan sendiri tanpa seorang Ibu di sisinya.

Kemudian ada pula lagu Party Partai yang merupakan kritik sosial fenomena money politic di setiap masa-masa kampanye yang diyakini tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga di seluruh penjuru dunia.

Pengerjaan EP juga terbilang ini agak singkat, di mana Fertikal memulai rekaman EP ini di bulan Oktober 2023 di Rama Project Studio.

Kemudian, pada November 2023, Fertikal pun memulai mixing. Treatmentnya juga bisa dibilang istimewa, di mana pada pertengahan November, Fertkal mengirim file wav hasil mixing ke Sage Audio di Nashville, Amerika Serikat untuk proses mastering.

Akhirnya pada 1 Desember 2023 mereka pun mensubmit hasil mastering tersebut ke aggregator. Selain 3 personil Fertikal yaitu Yudha, Rama dan Benny ada pula backing vocal yaitu Santimow dan Kholil sebagai drummer di lagu Terbunuh Muda, Sungai Misteri, dan Party Partai.

EP 123123i didistribusikan oleh Sunsetroad Records milik Rama Project Studio sendiri pada tanggal 31 Desember 2023. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button