Gen Z

Rina Khairunnisa, Zetizens Jurnalistik 2025 dan Logo Media Partner

ZETIZENS.ID – Pada program live Instagram bareng Zetizens Jurnalistik 2025 yang dipandu Agung Gumelar Zetizens Official, part kedua menghadirkan Rina Khoirunnisa.

Gen Z 19 tahun mahasiswi UIN SMH Banten Jurusan Perbankan Syariah semester 4 ini bilang, di kampus ikut UKM Koperasi Mahasiswa dan Kelompok Pasar Modal.

Cewek asal Pandeglang yang kos di Kota Serang ini mengaku baru menetas di Zetizens karena baru join tahun dan bergabung pada bulan puasa kemarin.

“Alasannya karena ingin lebih tahu Zetizens itu bagaimana sih, apalagi lebih fokus ke mengolah informasi, menulis, cara menyampaikan pesan itu bagaimana kepada masyarakat luas,” kata Rina seru banget.

Rina mengaku, tahu Zetizens dari sosial media di Instagram. Tapi bukan hanya itu loh.

“Di kampus, kalau lagi ada acara, di banner suka ada logo Zetizens, khasnya huruf Z di kotak biru. Kayak penasaran ini tuh apa sih, kok ada terus di setiap acara,” Rina kepo.

Ditanya tentang perasaannya gabung di Zetizens, Rina bilang, tang pasti seru banget apalagi ada acara yang pesantren jurnalistik yang jadi sebuah pengalaman menarik.

“Karena biasanya kalau ada acara minep kek gitu di bulan-bulan biasa. Nah ini tuh di bulan puasa kayak pengalaman yang jarang banget apalagi pas sahur on the road. Sahur di Uduk Mail, seru banget,” curhat Rina.

Zetizens juga bagi Rina tempat yang seru karena orang-orangnya juga ikut merangkul dan mensupport apapun yang diutarakan.

“Zetizens selalu kasih wadah gimana baiknya, gimana enaknya, trus juga tidak memberatkan pada teman-teman semuanya,” lanjutnya.

Di Zetizens, Rina mengaku, ingin melanjutkan kegiatan yang sudah dilaksanakan generasi sebelumnya kayak taman baca keliling.

“Rina kayak pengen bisa ngerasain gimana sih kumpul sama adik-adik nanti di sana atau ada yang berminat baca gimana sih caranya menarik minat orang yang ada di sana,” lanjut Rina.

Menurut Rina, masih banyak Gen Z yang suka baca buku.

“Buktinya perpustakaan masih rame, tapi buku-buku yang dibaca bukan yang terlalu serius, kebanyakan kayak fiksi atau motivasi diri,” jelas Rina.

Di eranya Gen Z saat ini, literasi digital melalui HP dan perangkat teknologi lainnya, bisa menambah pengetahuan Gen Z melalui scroll TkTok dan Instagram.

Untuk lebih mengena ke Gen Z, Rina bilang, pake lagu yang lagi tren.

“Terus pake yang geser-geser gitu slidenya. Tulisan kudu pendek-pendek tapi bisa berslide side. Jadi kita tuh kayak gak bosen. Kalau terlalu banyak tulisan bakal bosen, jadi disiasati dengan banyak slide,” kata Rina lagi.

Rina berpesan buat Gen Z, buat yang minat baca bukunya lagi menurun, cari motivasi biar semangat lagi. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button