Life Style

Begini Tips Jaga Tubuh Agar Terhidrasi saat Cuaca Panas Masih Berlangsung

ZETIZENS.ID – Walaupun sudah memasuki penghujung tahun dan musim penghujan. Rupanya, di Indonesia cuaca masih panas kembali menyerang.

Meski nampak sepele, perlu mewaspadai di cuaca panas untuk kesehatan kita dan keluarga.

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, rupanya musim panas juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Mulai dehidrasi hingga keringat berlebih. Untuk itu, ada beberapa tips yang perlu kit lakukan untuk melawan di cuaca panas ini. Berikut tipsnya.

1. Minum Air yang Cukup

Hal yang perlu dilakukan saat di cuaca panas agar terhindar dari dehidrasi dan keringat berlebihan yaitu perlu memenuhi kebutuhan air yang cukup minimal 8 gelas perhari. Selain menghindari dehidrasi, hal ini juga untuk menjaga kesehatan ginjal.

2. Menggunakan Sunscreen

Selanjutnya, hal yang perlu dilakukan adalah menggunakan sunscreen saat berada di luar rumah. Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UV matahari. Gunakan secara berulang atau re-apply.

3. Olahraga Dalam Ruangan

Bagi yang sering berolahraga dan tak mau ketinggalan aktivitas ini. Kita bisa menyiasatinya dengan berolahraga didalam ruangan baik di dalam rumah atau studio olahraga.

4. Perbanyak Makan Buah

Selanjutnya, di cuaca panas ini jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air. Banyak jenis buah yang mengandung air seperti semangka, melon, pir hingga jambu air. Selain menyegarkan buah-buahan juga memiliki vitamin yang baik bagi tubuh.

Nah, itu dia tips untuk menjaga tubuh saat cuaca panas menyerang kembali. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button