Khazanah

Nasihat Al-Ghazali: Jangan Mencela Anak!!!

ZETIZENS.ID – Banyak mencela akan berbuntut kepada penyesalan. Dengan seringnya ditegur dan dilecehkan, sang anak menjadi lebih berani melakukan keburukan dan hak-hak yang tercela.

Rasulullah adalah orang pertama yang menghindari hal itu. Nabi tidak pernah mencela anak-anak, apa pun yang mereka lakukan. Ini dilakukan untuk mengajarkan rasa malu dan ketelitian, yang merupakan bagian penting dari akhlak mulia.

Al-Ghazali mempunyai nasihat yang sangat berharga untuk para pendidik. Ia mengatakan dalam nasihatnya, “Janganlah banyak mengarahkan anak didik dengan celaan karena yang bersangkutan akan menjadi terbiasa dengan celaan. Dengan celaan anak akan bertambah berani melakukan keburukan dan nasihat pun tidak dapat mempengaruhi hatinya lagi. Hendaklah seorang pendidik selalu menjaga wibawa dalam berbicara dengan anak didiknya….”

Dan syarat agar pendidikan yang benar bisa terwujud ialah hendaknya orang tua selalu menyertai anak-anak sejak awal tanpa membiarkan adanya celah, perbuatan menyimpang, atau mendiamkan tindakan yang tidak disukai. (Mia)

Tulisan Terkait

Back to top button